MSFC DISPLAY WEB

Tiga Syarat Mutlak Menjadi Pemimpin Versi Ketua PWI Pamekasan Tabri S Munir

Media Jatim
Tabri
(Dok. Media Jatim) Ketua PWI Pamekasan Tabri S Munir (kiri) menjadi pembicara pada Pelantikan HMPS MPI IAIN Madura, Senin (13/3/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin. Ada syarat yang harus dipenuhi sebelum seseorang memimpin.

Menurut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Tabri Syaifullah Munir, ada tiga syarat yang harus dipenuhi generasi muda sebelum menjadi pemimpin.

Tiga syarat tersebut yakni kompetensi atau kemampuan, kompetisi atau daya saing atau spirit juang, dan identitas atau kemampuan yang khas.

“Generasi muda harus memperkuat kapasitas pribadinya, sehingga memiliki kompetensi tertentu,” ungkapnya saat menjadi pembicara pada Talkshow dan Pelantikan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (HMPS MPI) IAIN Madura, Senin (13/3/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Kompetensi tersebut, lanjut Tabri, nantinya akan menjadi modal dalam menyambung komunikasi dengan sejumlah pihak, khususnya, dalam membangun kerja sama atau jejaring.

Baca Juga:  UNIRA dan Universiti Malaysia Kelantan Teken MoU Penerapan Tridarma Perguruan Tinggi di Kancah Internasional

“Jika seseorang sudah jelas kompetensinya, maka basis kompetensi ini kemudian masuk dalam kompetisi, maka akan kelihatan nanti apakah mampu bersaing dengan orang yang memiliki kompetenai yang sama atau tidak,” paparnya.

Setelah mampu berkompetisi, imbuh mantan aktivis PMII INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep tersebut, maka akan muncul identitas yang dengan sendirinya menempel pada diri pribadi calon pemimpin.

“Kompetensi, intelektualitas dan kapasitas menjadi urutan pertama dan sangat penting dalam proses itu, sebelum terjun dalam dunia kepemimpinan,” pungkasnya.(rif/ky)