PERIODE II

Wisuda Akbar Tahfiz Al-Qur’an SD Plus Nurul Hikmah Berlangsung Haru, Para Hafiz Sungkem kepada Orang Tuanya

Media Jatim
Wisuda Hafiz
(Dok. Media Jatim) Salah seorang wisudawan saat melakukan prosesi sungkeman kepada ibundanya di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan, Minggu (19/3/2023).

Pamekasan, mediajatim.com – Sekolah Dasar (SD) Plus Nurul Hikmah menggelar Wisuda Akbar Tahfiz Al-Qur’an di Hotel Cahaya Berlian, Jalan Panglegur, Pamekasan, Minggu (19/3/2023).

Wisuda yang diikuti oleh 31 siswa dan 35 siswi dari berbagai wilayah tersebut, dihadiri oleh Ketua Yayasan Usman Al-Farsy Supardi, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan serta para wali wisudawan.

Kepala SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan Syaiful Bahri menjelaskan, para wisudawan tahfiz al-qur’an adalah generasi emas dan dan mempunyai kelebihan khusus untuk menapaki masa depan.

“Acara ini sebagai bentuk penghargaan kepada para hafiz, sebab menghafal Al-Qur’an bukan hal yang mudah, sehingga patut untuk dihargai,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (20/3/2023).

Baca Juga:  Pamekasan Raih Penghargaan Inotek Award Provinsi Jawa Timur 2023

Syaiful menambahkan, para hafiz memang digodok dari awal masuk, dengan tes mengaji lalu diberikan bimbingan khusus dari sekolah.

“Sebelum diwisuda tahfiz al-qur’an, para siswa terlebih dahulu dites dengan setoran hafalan sekali duduk, dan apabila tidak bisa, masih diberikan remedi sebanyak tiga kali, baru kemudian masuk rekomendasi wisuda,” katanya.

Dalam acara tersebut, kata Syaiful, pihaknya sengaja mengadakan Prosesi Sungkeman para wisudawan kepada walinya masing-masing, sebagai bentuk rasa terima kasih atas jasa-jasanya.

“Alhamdulillah, prosesi sungkeman dan pemberian mahkota berjalan lancar dan khidmat, kami sendiri menangis melihat hal itu, sebab kalau bukan karena dorongan wali tidak mungkin para wisudawan mampu menghafal secara baik,” ucapnya.

Baca Juga:  86 Santri Lulus dari SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan, Kepsek: Mereka Dibekali Hafalan Al-Qur'an dan Kedisiplinan Salat!

Syaiful berharap para wisudawan tahfiz terus mengingat hafalannya secara disiplin. “Saya juga berharap, semoga dengan acara ini para siswa lain bisa termotivasi untuk lebih giat menghafal Al-Quran ke depan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud Pamekasan Amrullah M. berharap kegiatan ini menjadi acara tahunan ke depan.

“Saya harap kegiatan ini, bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun, sehingga bisa memotivasi siswa agar lebih semangat menghafal Al-Quran,” pungkasnya, Senin (20/3/2023).(rif/faj)