WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Marak Tindakan Kekerasan dalam Mendidik Anak, Dharma Wanita Persatuan Sumenep Gelar Seminar Parenting Skill

Media Jatim
Dharma Wanita
(Jony Suhartono/Media Jatim) Dharma Wanita Persatuan Sumenep gelar Seminar Parenting Skill, Kamis (26/4/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumenep menggelar Seminar Parenting Skill yang bertempat di Aula Sekretariat PKK, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Kamis (26/4/2023).

Menurut Ketua DWP Kabupaten Sumenep Chusnul Chotimah tujuan dari kegiatan tersebut untuk menambah wawasan para Ibu yang sedang atau akan mengasuh anak.

Selama ini, kata Ima, banyak Ibu-ibu yang melakukan tindakan keliru untuk mencegah anaknya menjadi nakal, seperti mencubit, memukul, dan memarahi.

“Padahal tindakan tersebut, bukan jalan keluar untuk menjadikan anak patuh dan tidak nakal,” ujarnya, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga:  Korban Pikap Drumben Terguling di Waru Pamekasan: Satu Dislokasi dan Tiga Orang Gegar Otak!

Lebih lanjut Ima menerangkan, ada banyak pendekatan yang lebih baik untuk mendidik anak menjadi pribadi yang patuh, tanpa menggunakan tindakan-tindakan kekerasan. “Salah satunya melalui cara persuasif dan memberi contoh yang baik,” jelasnya.

Banner Iklan Media Jatim

Karena masa anak-anak, lanjut Ima, masih dalam masa-masa meniru. Oleh karena itu, seorang Ibu membutuhkan skill dalam mendidik anaknya.

“Maka tema yang kami angkat dala Seminar Parenting Skill ini, Jangan Marah Mama, Bagaimana Mendidik Anak Perspektif Islam,” ungkapnya.

Ima menambahkan, terkadang seorang Ibu identik dengan kemarahan, sekalipun pasti ada alasan dan latar belakangnya.

Baca Juga:  Satpol PP Sumenep Gelar Forum Tatap Muka: Ajak Masyarakat Keluar dari Zona Merah Peredaran Rokok Ilegal!

“Namun, mengingat seorang anak adalah harapan masa depan, maka psikisnya juga harus dijaga, termasuk tumbuh kembang mentalnya. Karena mereka adalah generasi emas,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan di masing-masing OPD dan kecamatan. Hadir pula sebagai narasumber Ketua Himpunan Psikologi Indonesia Kabupaten Sumenep, Zamzami Sabiq.(mj11/faj)