Timsel Sebut 3 dari 8 Calon Anggota Bawaslu Jatim Punya Sisi Menarik

Media Jatim
Bawaslu Jatim
(Dok. Timsel Bawaslu Jawa Timur) Tim Seleksi (Timsel) saat melaksanakan tes wawancara kepada Bakal Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur di Ruang Wijaya, Hotel Surabaya, Rabu (7/6/2023).

Surabaya, mediajatim.com — Tim Seleksi (Timsel) telah mengumumkan 8 Bakal Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur, Rabu (14/6/2023) kemarin.

Ketua Timsel Bawaslu Jawa Timur Sasongko Budi Susetyo mengatakan, Bakal Calon Anggota Bawaslu Jatim yang lolos tes wawancara dan tes kesehatan terdiri dari tiga orang perempuan dan lima orang laki-laki.

“Keterwakilan perempuan dalam seleksi ini cukup bagus, mencapai angka 37,5 persen,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Jumat (16/6/2023).

Menurut Budi, Bakal Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur yang lolos pada tahap ini rata-rata telah memiliki pengalaman sebagai penyelenggara dan pengawas Pemilu yang baik, mulai dari tingkat kabupaten dan kota hingga provinsi.

Baca Juga:  Permudah Akses Data Pasien, RSUD Smart Pamekasan Terapkan Rekam Medis Elektronik

“Namun di antara 8 orang tersebut, ada tiga bakal calon yang menarik, yakni Dewita Hayu Shinta, Dwi Endah Prasetyowati, dan Anwar Noris,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Budi, tiga orang tersebut pernah diusulkan sebagai Calon Komisioner Bawaslu Jawa Timur pada tahun 2022 lalu, tapi gagal saat fit and proper test di Jakarta.

Selain tiga orang tersebut, lanjut Budi, tiga Bakal Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur lainnya merupakan incumbent.

“Yakni, Eka Rahmawati, Purnomo Satriyo Pringgodigdo, dan Moh. Ikhwanudin Alfianto,” imbuhnya.

Sedangkan dua calon anggota lainnya, sambung Budi, yaitu Achmad Nadhori adalah Komisioner Bawaslu Gresik dan A. Afif Amrulah adalah Komisioner Komisi Penyiar Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur.

Baca Juga:  Irma Lumiga Ingin Pimpin Banyuwangi

Mereka semua, terang Budi, selanjutnya akan mengikuti fit and proper test yang akan dilaksanakan oleh Bawaslu RI di Jakarta.(fa/faj)