Banner Iklan Media Jatim

Wisata Bakau Labuhan Sreseh Sampang Ditutup Sementara, Pemdes Kini Fokus Pemberdayaan UMKM Nelayan

Desa Sreseh
(Dok. Media Jatim) Wisata Bakau Labuhan Manis (WBLM) di Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh, ditutup sementara.

Sampang, mediajatim.com — Wisata Bakau Labuhan Manis (WBLM) di Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh, Sampang, ditutup sementara sampai saat ini.

Wisata desa ini sempat menyedot banyak kunjungan sejak diluncurkan pada 2021 lalu. Saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Labuhan beralih fokus ke pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Desa Labuhan, Kecamatan Sreseh Jawahir menerangkan bahwa WBLM sementara waktu ditutup dan desa mengambil fokus pada pemberdayaan UMKM bidang perikanan.

“Saat ini WBLM masih butuh perbaikan, dan tidak efisien kalau dianggarkan dari Dana Desa (DD) sehingga kami masih menunggu kerja sama dari investor untuk pengembangan WBLM ke depan,” terang Jawahir, Senin (19/6/2023).

WBLM ini, lanjut Jawahir, dibangun dengan DD. Masyarakat merespon wisata ini dengan baik. “Saat ini tinggal bagaimana pengembangan ke depan,” imbuhnya.

Selain fokus pada pemberdayaan UMKM, Desa Labuhan juga merencanakan untuk mendorong potensi wisata yang berada di Desa Marparan, Kecamatan Sreseh.

“Sebab akses masuk pelabuhan yang ke Desa Marparan tersebut masih masuk wilayah Desa Labuhan. Ini guna mendukung program pemerintah, jadi kami juga akan ikut ambil peran untuk bersolek mendesain pelabuhan seindah mungkin,” pungkasnya.(*/ky)