Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Pembudi Daya Lele Sebut BBI Diskan Sumenep Gagal Jamin Ketersediaan Bibit Ikan

Media Jatim
Diskan
(Muhammad Iqbal/Media Jatim) Potret Kantor Dinas Perikanan Sumenep.

Sumenep, mediajatim.com – Balai Benih Ikan (BBI) milik Dinas Perikanan (Diskan) Sumenep dinilai gagal menjamin ketersediaan bibit ikan untuk para pembudi daya lele di Sumenep.

Banner Iklan Media Jatim

Salah seorang pembudi daya lele di Sumenep berinisial R mengatakan, BBI milik Diskan Sumenep sejatinya tidak berfungsi. Pasalnya banyak pembudi daya lele di Sumenep yang membeli bibit ikan ke luar daerah.

“Mestinya berdirinya BBI menebar manfaat bagi pembudi daya lele. Tetapi ternyata masih banyak pembudi daya yang membeli bibit lele ke luar kota, salah satunya, beli ke Kecamatan Pakong Pamekasan,” ungkapnya, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga:  Kabar Baik, Ada Ruang Tunggu Khusus untuk Keluarga Pasien di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep!

R menilai BBI Diskan Sumenep tidak bisa menjamin ketersediaan bibit lele untuk para pembudi daya.

“Selain karena stok bibitnya yang kurang, kualitas benihnya juga tidak bagus. Beberapa bibit lele yang dibeli di BBI malah tumbuh dengan kondisi buruk,” imbuhnya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Plt Kepala Bidang Perikanan Budi Daya Diskan Sumenep Edie Ferrydianto mengatakan, dibangunnya BBI bukan untuk memenuhi permintaan bibit lele seluruh pembudi daya.

Keberadaan BBI, kata Edie, untuk membantu para pembenih lele lokal yang tidak bisa memenuhi kebutuhan bibit dari para pembudi daya di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan: Gubernur Baru, Semangat Baru!

“Dinas hanya membantu memberikan solusi permintaan bibit dari pembenih lokal, bukan kebutuhan bibit pembudi daya,” ungkapnya, saat diwawancarai mediajatim.com, Kamis (22/6/2023).

mediajatim.com telah berupaya menghubungi Kepala Diskan Sumenep Agustiono Sulasno untuk juga dimintai keterangan. Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan Sulasno tidak bisa ditemui dan memberi tanggapan.(mj12/faj)