Lewat Pelatihan Pembuatan Olahan Nugget Ikan Tongkol, Mahasiswa UTM Berdayakan Masyarakat

Media Jatim
(Dok. Media Jatim) Masyarakat menunjukkan hasil olahan ikan tongkol menjadi nugget lewat pelatihan yang dipelopori mahasiswa UTM.

Sumenep, mediajatim.com — Hakikat pengabdian adalah pemberdayaan. Inilah yang ditekankan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kepada para mahasiswa. Muaranya, mereka tampak betul-betul bergerak aktif dalam memberdayakan masyarakat.

Hal itu tampak dari aksi-aksi mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Pengabdian Masyarakat (KPM) 49 UTM di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Mereka berhasil memanfaatkan potensi hasil tangkapan nelayan dengan pembuatan olahan nugget ikan tongkol.

Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Potensi Desa Menuju Pembangunan Berkelanjutan”, mahasiswa UTM melangsungkan sosialisasi dan pelatihan pembuatan nugget ikan tongkol, Kamis (13/7/2023). Para anggota aktif PKK di Desa Lombang dan masyarakat menjadi peserta dalam kegiatan yang dilangsungkan di balai desa setempat.

Kegiatan itu dikemas dengan topik gemar memakan ikan (Gemarikan). Tujuannya untuk mengampanyekan pentingnya mengonsumsi ikan sejak dini, sebab ikan memiliki kandungan gizi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak.

Baca Juga:  Antisipasi Perkelahian Santri, Wapres Akan Instruksikan Menteri Agama Turun Tangan!

“Penting makan ikan dimulai sejak dini, memberikan ide untuk mendiversifikasi ikan menjadi olahan yang menarik. Tidak hanya ikan tongkol, olahan nugget juga dapat dibuat dengan berbagai jenis ikan. Olahan nugget ikan tongkol, menarik perhatian anak-anak, sehingga menambah nafsu makan,” ujar Farah, mahasiswa UTM yang bertindak sebagai penanggung jawab kegiatan Gemarikan.

Kegiatan tersebut terdiri dari sosialisasi dan demonstrasi terkait proses pembuatan nugget dari ikan tongkol. Sosialisasi dilakukan dengan cara penyampaian materi dan pemahaman mengenai pentingnya konsumsi ikan hingga cara pembuatan nugget ikan kepada para peserta kegiatan. Demonstrasi dihadirkan lewat praktik pembuatan nugget ikan tongkol secara ringkas dan mengajak peserta untuk turut serta dalam praktik.

Ketua PKK Desa Lombang Desy Imaniarsih mengucapkan terima kasih banyak kepada mahasiswa PKM 49 UTM yang telah datang untuk memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang ada di Desa Lombang.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UTM Ciptakan Energi Listrik Alternatif dari Limbah Tahu

“Serta mengisi dan membuat beberapa kegiatan yang cukup menarik, sehingga dapat bercengkrama dengan masyarakat Desa Lombang,” ujar Desy.

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa UTM berharap agar kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan nugget ikan tongkol dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi masyarakat Desa Lombang, khususnya ibu-ibu PKK dalam pola konsumsi sehat melalui konsumsi makanan bergizi, seperti olahan nugget ikan tongkol,” tambah Atthala, mahasiswa UTM yang juga penanggung jawab kegiatan Gemarikan.

Kegiatan tersebut telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan Alvin Sugeng Prasetyo, serta Kepala Desa Lombang Hendri S.Kep. Keduanya mengapresiasi para mahasiswanya yang secara nyata melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. (*/nam)