Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Disdikbud Pamekasan Gelar Penganugerahan Siswa Terbaik Jenjang SD Tahun 2023

Media Jatim
Disdikbud Pamekasan
(Fitria M/Media Jatim) Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi jenjang SD tahun 2023 di Hotel Cahaya Berlian, Sabtu (29/7/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan menggelar acara Penganugerahan Siswa Terbaik Jenjang Sekolah Dasar (SD) Tahun 2023 di Hotel Cahaya Berlian, Sabtu (29/7/2023).

Acara ini dihadiri Kadisdikbud Akhmad Zaini, Sekdisdikbud Yudia Samudra Nasir, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Taufik Hidayat, Kepala Sekolah (Kepsek), guru pendamping, perwakilan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI), dan siswa berprestasi di tiga bidang.

Bidang dimaksud adalah kompetensi prestasi pada acara penganugerahan tersebut. Tiga bidang itu yakni Membaca Al-Qur’an, Olimpiade Siswa Nasional (OSN), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Pada bidang Membaca Al-Qur’an terdapat 26 siswa putra dan putri berasal dari 13 kecamatan di Pamekasan. Mereka dipilih melalui penilaian uji kompetensi baca Al-Qur’an.

Sedangkan pada bidang OSN, masing-masing ada tiga juara mata pelajaran (Mapel) Matematika dan IPA.

Terakhir, di bidang O2SN terdapat lima cabang olahraga kategori putra dan putri yaitu Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Pencak Silat, dan Karate yang terdiri dua jenis yaitu Karate Kata dan Karate Kumite.

Baca Juga:  Pangdam V/Brawijaya Pasang Badan untuk Kawal Investor Masuk Madura

Siswa yang memperoleh penghargaan di bidang O2SN ada 36 anak.

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Pamekasan Taufik Hidayat berharap siswa-siswi berprestasi ini bisa menembus kejuaraan hingga tingkat nasional.

Banner Iklan Media Jatim

“Mari kita dukung anak-anak kita untuk tidak berhenti berprestasi di tingkat kabupaten saja tapi bisa kita berangkatkan hinggal level nasional. Saya mengimbau kepada kita semua untuk tetap memotivasi anak-anak kita semakin sukses ke depannya,” ungkapnya.

Sementara Kadisdikbud Pamekasan Akhmad Zaini menuturkan, bahwa uji kompetensi baca Al-Qur’an merupakan program unggulan yang sudah ada sejak lama, yang mana pelaksanaannya, tidak lepas dari peran serta semua pihak khususnya orang tua.

“Anak-anak ini hanya beberapa jam saja dengan guru. Waktu mereka banyak dihabiskan di lingkungan belajar luar sekolah. Jadi mari kita bersama menjaga komitmen agar anak kita bisa kompeten tidak hanya di akademik saja,” terangnya.

Baca Juga:  Musim Kemarau Tiba, BPBD Pamekasan Lakukan Pendataan Ulang Wilayah Rawan Kekeringan

Zaini menambahkan, potensi kesuksesan setiap anak tidak sama dan mereka punya peluang di bidangnya masing-masing sesuai dengan kemampuannya.

“Ada yang sukses karena motoriknya, kemampuan emosionalnya, intelektualnya, dan banyak yang lain. Inilah cara Allah Swt. membagi-bagi kesuksesan pada setiap anak. Sehingga terbangun keseimbangan dalam kehidupan. Maka dari itu semua kesuksesan anak apa pun jenisnya patut kita hargai dan apresiasi,” imbuhnya.

Zaini juga menjelaskan bahwa kesuksesan tidak lepas dari dua unsur yaitu kompetensi intelektual dan spiritual.

“Semua itu tidak lepas dari campur tangan sang Maha Menentukan nasib Allah Swt. Dua unsur di atas itu harus dimiliki anak meraih kesuksesan,” terangnya.

Acara inti kegiatan ini adalah pemberian penghargaan berupa piala, piagam, hadiah, dan sejumlah uang tunai oleh Kadisdikbud Pamekasan dan jajaran serta perwakilan dari LP2SI.(mj15/ky)

Respon (1)

Komentar ditutup.