WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Untuk Antisipasi Keterlambatan Penyaluran BLT DBHCT 2023, Ini Kata Bank Jatim Pamekasan!

Media Jatim
BLT DBHCHT
(Ongky Arista UA/Media Jatim) Penyelia Operasional Dana Bank Jatim Cabang Pamekasan Heniyati.

Pamekasan, mediajatim.com — Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Pamekasan Tahun 2022 baru tersalurkan Desember 2022.

Pada 7 Desember 2022, Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan baru mengurus finalisasi penyaluran BLT tersebut ke Bank Jatim setempat.

Mengantisipasi penyaluran BLT DBHCHT 2023 hingga akhir tahun seperti 2022, Bank Jatim Cabang Pamekasan meminta Dinsos untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan lebih cepat dari tahun lalu.

“Intinya kalau data-data dari Dinsos sudah lengkap, data soft copy sama hard copy, dan sudah sesuai, dan sudah dipilah per kecamatan, kami siap,” terang Penyelia Operasional Dana Bank Jatim Cabang Pamekasan Heniyati kepada mediajatim.com, 14 Juli 2023.

Baca Juga:  Suami Meninggal, Penjaga Toko di Pamekasan Terima Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan Rp42 Juta

Heni mengatakan, data penerima BLT DBCHT tersebut idealnya harus segera rampung karena harus diajukan ke Kantor Pusat Bank Jatim terlebih dahulu.

Banner Iklan Media Jatim

“Kita masih perlu pengajuan ke kantor pusat untuk pengajuan rekening virtual account (VA). Intinya kalau data sudah cocok, ya sudah, karena dinas yang menfilter, kita intinya tetap koordinasi dengan dinas,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh mediajatim.com, sasaran BLT DBHCHT 2023 ini ialah buruh pabrik rokok dan buruh tani tembakau se-Kabupaten Pamekasan.

Nominal BLT DBHCHT 2023 yang akan disalurkan yakni Rp900 ribu untuk tiga bulan sekaligus; Oktober, November dan Desember.

Baca Juga:  Fasilitasi Siswa Berkarya Seni, SMAN 1 Sumenep Gelar Pentas Purna Madya Wiyata ke-6

Sementara ini, jumlah calon penerima BLT hasil cukai hasil tembakau yang dipegang Dinsos Pamekasan kurang lebih 23.950 orang.

Dengan demikian nominal BLT DBHCT Pamekasan 2023 yang hendak disalurkan sekitar Rp21,5 miliar.

Hendak dikonfirmasi berkaitan dengan upaya percepatan penyaluran BLT DBHCHT Pamekasan 2023, Kadinsos Pamekasan Herman Hidayat tidak mengangkat telepon saat dihubungi, Kamis (3/7/202).(*/ky)