WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Belum Diketahui Penyebab Getaran dan Suara Bawah Tanah di Sumenep, Warga di Sekitar Lokasi Mengevakuasi Diri

Media Jatim
Fenomena Anek Moncek
(Dok. Media Jatim) BPBD Sumenep dan Polsek Lenteng saat memberikan police line di lokasi getaran dan suara di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Sabtu (12/8/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Warga Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, mengevakuasi diri, Sabtu (12/8/2023) siang.

Evakuasi secara mandiri ini buntut fenomena tanah bergetar disertai bunyi seperti orang menggali sumur dari bawah tanah di sekitar lokasi.

Fenomena yang menggegerkan ini dikhawatirkan mengancam keselamatan warga di sekitar lokasi.

Sekretaris Desa (Sekdes) Moncek Tengah M. Raziqi menjelaskan, Polsek Lenteng sudah memberikan police line di lokasi sumber getaran dan suara.

“Warga yang berada tepat di sekitar lokasi juga sudah mengevakuasi diri, sebab, belum diketahui penyebab getaran dan suara itu apa, bahaya atau tidak,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Sabtu (12/8/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Raziqi menuturkan, pihak desa masih menunggu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Surabaya dan akademisi ITN Malang untuk meneliti lebih dalam penyebab dan seberapa bahaya bagi warga.

Baca Juga:  Dua Kader Gerindra di DPRD Bangkalan Pindah ke Golkar dan Demokrat, Ketua DPC: PAW Sedang Kami Proses!

“Informasi tentang adanya pipa air di bawah tanah itu tidak benar, sebab, kami sudah beberapa kali mencoba menghidupkan dan mematikan bor air, tapi tetap saja bergetar dan bersuara, dan tidak memengaruhi, makanya harus menunggu BMKG dulu,” bebernya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumenep Wahyu Kurniawan Pribadi mengaku belum mengetahui penyebab fenomena aneh tersebut.

“Mohon maaf, kami tidak bisa menduga-duga penyebabnya,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Sabtu (12/8/2023).(rif/ky)