Tutup PKKMB Unija 2023, Rektor Minta 1.125 Mahasiswa Baru Siap Jadi Pemimpin Bangsa

Media Jatim
Unija
(Dok. Media Jatim) Rektor Universitas Wiraraja Sjaifurrachman saat memberi sambutan sekaligus menutup acara PKKMB Unija 2023 di area kampus setempat, Sabtu (2/9/2023).

Sumenep, mediajatim.com — Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep menggelar Inauguration Night Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 dengan sangat meriah di halaman kampus setempat, Sabtu (2/9/2023) malam.

Kegiatan ini merupakan acara akhir dari PKKMB Unija 2023 yang dilaksanakan selama empat hari, sejak Rabu (30/8/2023) hingga Sabtu (2/9/2023).

Ketua Panitia PKKMB Unija 2023 Moh. Zeinudin mengatakan, PKKBM kali ini mendatangkan artis dangdut nasional Irwan DA2 sebagai guest star, Tongtong Terak Sagere, Musik Mahesa dan Sanggar Cemara.

“Kedatangan Mas Irwan juga sebagai alumni Fakultas Hukum Unija yang akan Yudisium tanggal 9 September 2023 ini,” ungkapnya, Sabtu (2/9/2023).

Tidak hanya mendatangkan artis, ucap Zeinudin, PKKMB yang diikuti oleh 1.125 mahasiswa baru Unija ini juga mengemban misi besar untuk melahirkan mahasiswa berkualitas yang siap bersaing di dunia digital.

Baca Juga:  Kronologi Kasus Tanah di Pamekasan: Polisi Sebut Pemalsuan SPPT Dilakukan Anak Tersangka Nenek Bahriyah

Karena itulah, lanjut Zeinudin, PKKMB Unija tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Wiraraja Muda sebagai Generasi Digital Berkarakter Kebangsaan.”

“Karena kita ketahui bersama, dunia digital merupakan elemen penting yang harus dikuasai oleh generasi muda. Pola hidup masyarakat secara umum sudah lebih banyak di dunia maya,” bebernya.

Zeinudin menambahkan, pihaknya juga mengadakan lomba menulis artikel dalam pelaksanaan PKKMB Unija ini. Mahasiswa baru yang menjadi peserta dalam lomba ini diminta menulis dengan kritis terkait tema PKKMB dan keadaan kampus.

“Dalam lomba ini sudah terpilih enam pemenang. Hadiah untuk pemenang pertama adalah uang pembinaan sebesar Rp2.000.000, juara dua Rp1.700.000, ketiga Rp1.500.000,” ungkapnya.

Baca Juga:  Rayakan Idul Adha, EML Terus Perkuat Komitmen Sosial Kemasyarakatan

Selanjutnya, untuk juara empat, tutur Zeinudin, panitia memberikan hadiah uang pembinaan Rp1.000.000, juara lima Rp700.000 dan yang terakhir mendapatkan uang Rp500.000.

Rektor Unija Sjaifurrachman berharap, wiraraja muda mampu beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, berusaha membentuk diri menjadi pribadi yang berkualitas, profesional dan siap menjadi pemimpin bangsa.

“Mahasiswa harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman dengan menorehkan prestasi dalam bidang ilmunya masing- masing,” tegasnya, Sabtu (2/9/2023).

Pihaknya juga mengimbau, mahasiswa harus bisa berperan aktif mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), agar menjadi generasi yang tidak pasif serta berkualitas.(mj17/faj)