Tak Perlu Dirujuk ke Surabaya, RSUD Smart Pamekasan Sudah Bisa Tangani Bedah Saraf

Media Jatim
RSUD
(Fitria M/Media Jatim) Lobby Utama RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, tempat pelayanan awal pasien rumah sakit.

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan memiliki beberapa layanan medis unggulan. Salah satunya, layanan bedah saraf yang sudah beroperasi sejak awal 2023.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Smart Pamekasan dr. Yosi Nugrahaini, Sp. PA mengatakan, adanya layanan bedah saraf di RSUD ini untuk mempercepat proses penanganan pasien yang membutuhkan layanan bedah saraf.

“Sebenarnya layanan unggulan kami banyak, tapi untuk tahun ini yang sedang kami unggulkan adalah pelayanan bedah saraf. Selain karena baru dan masih butuh diperkenalkan, saat ini banyak terjadi kasus trauma kepala akibat kecelakaan,” paparnya, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga:  Hadiri Kemilau Santri, Pemdes Plakpak: INSAP Selalu Memberikan Warna Baru

Adanya layanan medis ini, ucap Yosi, akan sangat membantu pasien untuk mendapatkan golden period sehingga prognosis kesembuhannya meningkat. Karena tidak perlu lagi dirujuk jauh ke Surabaya.

Banyaknya pasien yang membutuhkan pelayanan bedah saraf, kata Yosi, menjadi latar belakang bagi RSUD Smart Pamekasan membuka layanan medis ini.

Adapun penanganan yang tersedia, lanjut Yosi, yaitu untuk kasus-kasus, seperti trauma kepala, tumor otak, strok pendarahan dan seterusnya.

“Pasien yang kami layani di bedah saraf paling banyak trauma kepala, misal karena kecelakaan. Dari cedera ringan hingga berat kami bisa melayani, karena layanan medis ini sudah ditunjang dengan peralatan medis, ruang operasi, kamar inap dan fasilitas lain yang sudah terstandarisasi,” bebernya.

Baca Juga:  Satpol PP Sampang Setor Rp75 Juta ke Festipang untuk Numpang Sosialisasi Stop Rokok Ilegal

Yosi menambahkan, semua masyarakat di Madura bisa mengakses layanan bedah syaraf di RSUD Smart Pamekasan.

“Karena memang rumah sakit kami ini menjadi salah satu rumah sakit rujukan, jadi bisa menerima pasien dari mana saja yang berasal dari Madura. Tercatat ada puluhan pasien yang sudah kami tangani dan hasilnya memuaskan,” imbuhnya.

Salah seorang pasien penderita gagar otak asal Desa Jambringin, Kecamatan Proppo Sa’im mengaku sembuh usai menjalani operasi saraf di RSUD Smart Pamekasan.

“Ingatan saya kembali normal setelah dioperasi. Yang semula tidak sadarkan diri selama tiga hari, menjadi berangsur membaik hingga ingatan kembali normal,” terangnya dalam video success story di akun Instagram @rsud_slamet_martodirdjo.(mj15/faj)