Diskan Pamekasan Kecipratan Setengah Miliar APBN untuk Pembangunan Integrasi Lahan Pegaraman

Media Jatim
Lahan Garam Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Lahan pegaraman warga di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Pamekasan.

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Perikanan (Diskan) Pamekasan berencana akan merehabilitasi lahan pegaraman integrasi seluas 85 hektare di enam desa tahun 2023.

Enam desa dimaksud yakni di Desa Majungan, Padelegan, Bunder dan Dasok, Kecamatan Pademawu dan Desa Polagan serta Lembung, Kecamatan Galis.

Kabid Perikanan & Budidaya Diskan Pamekasan Luthfie Asy’ari menjelaskan, anggaran rehabilitasi lahan pegaraman integrasi Rp550 juta berasal dari APBN Tahun 2023.

“Integrasi lahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi petani garam di Pamekasan agar lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga:  Terlibat Kecelakaan, 3 Orang Meninggal di Jalur Pantura Probolinggo

Jika produksi garam meningkat, tambah Luthfie, maka secara otomatis akan mengangkat perekonomian para petani garam serta akan berdampak positif pula pada semua sektor.

“Saat ini masih tahap pengumuman kualifikasi di LPSE. Untuk pembukaan penawaran dari 11 September hingga 14 September 2023, lalu dilanjut evaluasi administrasi dan teknisnya, baru 15 September itu penetapan pemenang lelang,” jelas Luthfie.

Dia menerangkan, rehabilitasi integrasi lahan pegaraman itu akan diterima manfaatnya oleh kurang lebih 50 petani dari enam desa tersebut.

“Jadi nanti akan dibuatkan waduk untuk sumber air yang akan disalurkan ke lahan-lahan petani garam, sehingga pasokan air terjaga dan dipastikan normal alirannya,” pungkasnya.(rif/ky)