Tingkatkan Layanan Bedah Saraf, RSUD Smart Pamekasan Tambah Empat Bed di Ruang ICU

Media Jatim
RSUD
(Fitria M/Media Jatim) Direktur Utama RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Raden Budi Santoso Sp. M. saat ditemui di ruangannya, Selasa (5/9 /2023).

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan terus meningkatkan fasilitas dan layanan medisnya.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Direktur Utama RSUD Smart Pamekasan dr. Raden Budi Santoso mengatakan, salah satu layanan medis yang diunggulkan, yaitu bedah saraf yang beroperasi sejak awal 2023.

“Banyak pasien yang butuh bedah saraf tapi tidak bisa dilayani di Pamekasan. Nah sekarang sudah ada. Jadi bagi pasien yang butuh layanan bedah saraf tidak perlu lagi dirujuk ke Surabaya, karena di sini sudah ada dan lengkap dengan tenaga medisnya,” bebernya, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga:  Harian Kabar Madura Akan Rayakan Hari Jadi ke-11 pada 1 Juni 2023: Mengawal Madura

Untuk menunjang layanan bedah saraf, kata Budi, RSUD Smart Pamekasan saat ini juga menambah bed di ruang ICU.

“Sebelumnya di ruang ICU ada 10 bed, tahun ini bertambah empat bed khusus bedah saraf saja, di tahun depan akan ditambah lagi menjadi 18 bed,” tuturnya.

Budi menambahkan, tahun depan RSUD Smart Pamekasan juga akan menyediakan layanan cath lab (catheterization laboratory) atau kateterisasi jantung yang saat ini peralatannya dalam proses pengadaan.

“Gedung khusus cath lab saat ini sedang dibangun. Tidak hanya untuk kateterisasi jantung, tapi juga bisa kateterisasi otak terkait stroke penyumbatan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pimpin MKKS SMP Swasta Pamekasan, Syahid Formulasikan 5 Program Prioritas

Diketahui, cath lab (catheterization laboratory) merupakan tindakan atau prosedur medis yang mendiagnosa penyakit secara invasif menggunakan sinar x-ray, sehingga diperoleh gambaran pembuluh darah organ manusia untuk mendeteksi adanya penyempitan atau sumbatan pembuluh darah.(mj15/faj)