Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Untuk Pertama Kalinya UTM Borong Tiga Gelar Juara di Ajang MTQMN XVII 2023

Media Jatim
UTM
(Dok. Humas UTM) Kafilah UTM saat berfoto bersama usai menerima penghargaan juara pada ajang MTQMN di Universitas Brawijaya Malang, Kamis (9/11/2023).

Bangkalan, mediajatim.com — Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berhasil meraih tiga gelar juara dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII 2023 di Universitas Brawijaya, Malang, Kamis (9/11/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspernas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi sejak 3 hingga 10 November 2023.

Adapun mahasiswa UTM yang meraih gelar juara dalam ajang ini, yaitu mahasiswa Prodi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Siti Sahroh, peraih Juara Harapan III dalam Cabang Lomba Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 20 Juz Putri.

Selanjutnya, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FIP Alfiyah Shodiqi yang juga Juara Harapan III dalam Cabang Lomba MHQ 30 Juz Putri.

Baca Juga:  Kembangkan Potensi Daerah, Disporapar Pamekasan Bimbing 12 Calon Desa Wisata

Terakhir, mahasiswa Prodi Hukum Bisnis Syariah (HBS) Irfan Syauqi Muttaqillah dan mahasiswa Prodi Studi Ekonomi Syariah Fakultas Keislaman (Fkis) yang meraih Juara II dalam Cabang Lomba Debat Bahasa Arab Al-Qur’an.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UTM Surokim Abdussalam mengatakan, prestasi ini merupakan pertama kalinya selama UTM ikut kegiatan MTQ.

“Alhamdulillah kali ini UTM pecah telur, bisa masuk final dan meraih juara di tiga cabang lomba sekaligus,” ungkapnya, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga:  PT Indomarco Serahkan Bantuan Gerobak untuk UMKM

Menurut Surokim, prestasi ini layak dibanggakan. Karena keberhasilan ini menjadi capaian terbaik sepanjang keikutsertaan UTM dalam MTQMN.

Apalagi, lanjut Surokim, peraih juara masih mahasiswa semester awal. “Prestasi ini harus disyukuri untuk memperkuat isian prestasi mahasiswa,” ulasnya.

Lebih lanjut Surokim menerangkan, banyaknya prestasi itu berguna untuk meningkatkan kelas perguruan tinggi secara nasional. Apalagi pada ajang ini, kafilah UTM bisa meraih juara di kategori lomba yang bergengsi, yakni Cabang Lomba Debat Bahasa Arab Al-Quran.

“Ini sungguh membanggakan dan layak diapresiasi,” pungkasnya.(hel/faj)