WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Rekam Manajerial Media Jatim dalam Setahun

Media Jatim
Pemred Media Jatim
Ongky Arista UA

Gambaran Singkat

PT. Media Jatim Kabar Indonesia (MJKI) yang menaungi mediajatim.com resmi berdiri pada 2018 di Kabupaten Pamekasan. Beralamat di Jalan Raya Panglegur, Kecamatan Tlanakan.

Hairul Anam sebagai Direktur dan Tabri sebagai Komisaris dalam akta pendirian PT. MJKI. Umurnya, saat ini, sudah lima tahun.

Sejak berdiri pada 2018, mediajatim.com belum dikelola secara terstruktur dan cukup serius. Media ini belum memiliki wartawan lapangan secara tetap. Belum memiliki susunan redaksi yang ajek.

Kendati demikian, mediajatim.com tetap berjalan menerbitkan naskah tulisan sejak 2018. Naskah-naskah tulisan di mediajatim.com digawangi langsung Hairul Anam (Direktur Kabar Madura Group) dan Sulaiman (Redaktur Kabar Madura).

Sebab itulah jika Anda membuka mediajatim.com, Anda akan banyak menemukan tulisan yang terbit dalam periode 2018 hingga Oktober 2022.

Empat tahun kemudian, tepatnya 19 November 2022, mediajatim.com mulai dikelola secara serius.

Histori Manajerial Kabarmadura Online ke Media Jatim

Saya bergabung dan menjadi keluarga Kabar Madura Group (KM Group) pada Mei 2022–setelah resign dari Jawa Pos Grup.

Pada saat itu pula saya ditunjuk langsung oleh direksi sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Kabarmadura.id (KM.ID atau Kabar Madura Online) per 26 Mei 2022.

Saat itu, direksi KM Group memisahkan tata kelola redaksi Kabarmadura.id dan Kabar Madura cetak.

KM.ID dikelola redaksi khusus–walaupun di sisi lain, berita yang terbit di koran Kabar Madura juga diterbitkan di KM.ID.

Di KM.ID kala itu, hanya ada tiga kru: saya, Sulaiman sebagai IT website, Joni Suhartono sebagai Bagian Periklanan Kabupaten Sumenep.

Karena diamanahi wewenang, saya akhirnya merekrut wartawan, tenaga administrasi, kru desain medsos, dan seterusnya.

Baru berjalan beberapa bulan, produk berita KM.ID mulai dibaca sejumlah kalangan di Pamekasan dan Sumenep. Sejumlah berita KM.ID pun mulai masuk ke Google Discover.

Di Sumenep, KM.ID mengawal pemberitaan warga yang membuat e-KTP tidak jadi-jadi sejak 2017 hingga 2022, dan akhirnya, e-KTP itu diantarkan oleh petugas Dispendukcapil ke rumah warga bersangkutan. Termasuk, mengawal dugaan pungli pembuatan e-KTP.

Baca Juga:  Terkait Kios Pasar Kolpajung Disewakan, DPRD Pamekasan Bakal Panggil Disperindag

Di Pamekasan, KM.ID pernah menerbitkan berita Dana Hibah Tanpa Proposal Disdikbud Pamekasan dan Dugaan Pungli Pengurusan Cuti Guru. Juga, dugaan penganiayaan seorang marinir asal Pamekasan yang tewas di Sorong, Papua.

Selain itu, KM.ID mencoba hadir dengan gerakan berita cepat, yakni, menerbitkan berita secepat-cepatnya bahkan saat peristiwa atau acara yang tengah diliput belum selesai dan sedang berlangsung.

Lima bulan kemudian atau pada awal November 2022, KM.ID disterilkan dan kembali kepada fungsi awalnya, yakni, sebagai kepanjangan wajah Kabar Madura Cetak versi online.

Banner Iklan Media Jatim

Di mana KM.ID akhirnya, hanya diisi berita-berita yang sudah terbit di harian koran Kabar Madura dan sepenuhnya dikelola redaksi koran Kabar Madura sebagaimana di awal.

Sejak saya menjadi Pemred, KM.ID memang dikelola terpisah dan otonom dari KM cetak. KM.ID mempunyai redaksi sendiri, kru sendiri, manajemen iklan sendiri, garis pemberitaan sendiri, tipologi sendiri dan ritme kerja sendiri.

Tetapi akhirnya KM.ID dipusatkan kembali pengelolaannya ke redaksi koran Kabar Madura. KM.ID kembali satu pada KM cetak.

Pemusatan itu dilakukan direksi untuk menjadi diferensiasi sekaligus menjaga corak kerja redaksi masing-masing dan bersama-sama jalan.

Redaksi KM.ID dinilai memiliki tipikal yang berbeda dengan KM Cetak. Pun sebaliknya. Sementara di sisi lain, produk KM Cetak dan KM.ID yang berbeda tipikal ini melebur dalam satu website bernama kabarmadura.id.

Orang bertanya akhirnya, yang mana produk KM cetak yang di-online-kan dan yang mana produk kabarmadura.id itu sendiri?

Baca Juga:  Budayawan Soroti 104 Event Pemkab Sumenep: Tak Menarik, Wajar Minus Apresiasi!

Akhirnya, direksi KM Group mendorong tercetusnya transformasi pada 19 November 2022. Kru KM.ID mutasi massal ke PT. Media Jatim Kabar Indonesia.

Yang semula kita menerbitkan berita di kabarmadura.id akhirnya mutasi massal redaksi dengan menerbitkan berita di mediajatim.com, dan yang semula saya menjadi Pemred KM.ID akhirnya menjadi Pemred Media Jatim.

Hubungan Media Jatim dan KM Group

Jadi, bukanlah sebuah kebetulan mediajatim.com ini ada dan dipegang–juga menjadi bagian dari–KM Group.

Sebab, memang, pendiri mediajatim.com adalah Direktur KM Group yakni Hairul Anam dan Tabri S Munir.

Selain itu, nama PT dan dana awal pendirian PT. MJKI disuntik langsung oleh pemilik KM Group, yakni, Prof. Achsanul Qosasi pada 2018.

Histori inilah yang membuat mediajatim.com menjadi bagian tidak terpisahkan dari KM Group.

Ulang Tahun ke-5, Perayaan Pertama

Dan sampailah, jika dihitung dari 2018, mediajatim.com berumur lima tahun pada 10 November 2023.

Tetapi, perayaannya, baru yang pertama sebab baru benar-benar dikelola pada November 2022 dan baru setahun per 10 November 2023.

Itulah mengapa, ada penyebutan “Hari Jadi ke-5 Tahun, Perayaan Pertama” pada ulang tahun mediajatim.com yang ke-5.

Sementara tentang tema hari jadi mediajatim.com kali ini adalah “Melihat Jawa Timur dari Madura” sebab, sejauh ini, mediajatim.com masih belum merekrut wartawan di luar Madura.

Jadi, kita bernama mediajatim, tetapi, memakai kacamata Madura, dan produk-produk jurnalistik kita masih seputar Madura.

Tetapi, mediajatim.com memiliki target perluasan wilayah rekrutmen pada 2024. Target awal tahun depan adalah Kabupaten Jember, Kota Malang, Surabaya, dan Kota Kediri. Doakan, ya!(*/ky)