WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Lestarikan Budaya Leluhur Madura, UKM Seni Nanggala UTM Gelar Diskusi dan Pertunjukan Macapat

Media Jatim
UTM
(Dok. Media Jatim) Pegiat seni gamelan dan macapat Bintang Kuning saat tampil di kegiatan Nyangkru' Budaya 7 UKM Seni Nanggala UTM di Dhamar Cafe, Selasa (14/11/2023).

Bangkalan, mediajatim.com — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Nanggala Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mendatangkan pegiat kesenian gamelan dan macapat Bintang Kuning dalam Nyangkru’ Budaya 7 di Dhamar Café, depan kampus setempat, Selasa (14/11/2023).

Ketua UKM Seni Nanggala UTM Ach. Farhan Dwi Septiawan mengatakan, kegiatan ini digelar untuk melestarikan kesenian leluhur agar tidak hilang ditelan peradaban.

“Melalui kegiatan ini kami juga ingin menambah ilmu dan wawasan karena ada sesi diskusinya,” ungkapnya, Kamis (16/11/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Pembina UKM Seni Nanggala UTM Parrisca menjelaskan bahwa upaya pelestarian budaya yang diinisiasi oleh Nanggala ini menjadi gerakan yang nyata, karena mendatangkan langsung pegiat seninya.

Baca Juga:  Dinkes Klaim Penderita Stunting di Bangkalan Menurun, DKBP3A: Masih Jauh dari Target Nasional

“Sebagai kampus negeri di Madura, UTM memang perlu melestarikan budaya dan kesenian ini,” tuturnya, Kamis (16/11/2023).

Wakil Rektor III UTM Surokim Abdus Salam mengapresiasi kinerja Nanggala. Karena kegiatan ini ikut membantu merealisasikan visi dan misi UTM, yakni Excellent Base on Local Wisdom.

“Terpaan media sosial menjadikan anak muda sangat masif mengikuti trend barat, saya pikir acara ini bisa mengingatkan kita semua akan pentingnya menjaga budaya lokal dengan menguatkan peran anak muda,” tuturnya.(hel/faj)