SMPN 2 Pamekasan Gelar Pemilihan Ketua OSIS seperti The Real Pemilu: Ada Timses dan Masa Kampanye!

Media Jatim
SMPN 2 Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 2 Pamekasan, Kamis (23/11/2023).

Pamekasan, mediajatim.com – SMP Negeri 2 Pamekasan menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Periode 2023-2024 di lapangan sekolah setempat, Kamis (23/11/2023).

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Pemilihan leader siswa yang mengangkat tema “Suara Demokrasi” ini, selain memilih figur OSIS, juga merupakan implementasi dari salah satu pilar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SMP Negeri 2 Pamekasan Mustakim mengatakan bahwa bentuk P5 di sekolahnya mengacu pada rapor pendidikan.

“Kebetulan pada rapor pendidikan, sekolah kami butuh penekanan di penalaran kritis. Jadi pada pemilihan Ketua OSIS kemarin siswa diajak bernalar kritis bagaimana berdemokrasi yang baik, cara memilih pempimpin yang baik dan tidak asal milih,” paparnya kepada mediajatim.com, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga:  Perjalanan Bisnis Tok Patok: Dari Diserobot dan Dimonopoli Kepemilikannya hingga Berhasil Buka 42 Outlet di Madura

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 2 tahun ini, lanjut Mustakim, digelar mengikuti dan sebagaimana proses demokrasi yang terjadi di tengah masyarakat.

“Dengan diadakannya projek seperti ini siswa bisa paham betul terhadap alur dan bagaimana proses memilih pemimpin secara langsung. Biasanya kalau belajar secara langsung lebih melekat,” jelasnya.

Selain itu, kata Mustakim, siswa juga diberi kesempatan untuk memberikan dukungan kepada calon Ketua OSIS via media sosial Instagram.

“Dengan begitu kami juga melatih siswa untuk menggunakan sosial media dengan bijak,” imbuhnya.

Baca Juga:  Politik dan Isu Kemiskinan di Pamekasan

Sementara Wakil Kepala Humas SMP Negeri 2 Pamekasan Seger menuturkan bahwa pemilihan ketua OSIS tahun ini disertai pembekalan kepada siswa untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

“Sebelum masuk ke projek, siswa yang punya hak pilih dibekali bagaimana memahami visi misi pasangan calon (Paslon),” terang Seger.

“Tidak hanya itu, juga ada masa kampanye tiap Paslon, debat program masing-masing Paslon, dan juga ada tim sukses (Timses) dari teman masing-masing Paslon,” pungkasnya.(fit/ky)