WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Ikaraja-FIK Persiapkan Alumni UNIJA Jadi Tenaga Kesehatan di Arab Saudi

Media Jatim
Ikaraja-FIK
(Kurdianto Al Laily/Media Jatim) Pengurus Ikaraja-FIK sedang foto bersama dengan Dekan FIK UNIJA Syaifurrahman Hidayat (batik putih) dan Direktur Operasional PT. Timuraya Jaya Lestari Tri Indrawati (kerudung putih) di Graha Wicaksana Abdi Negara, Gedung Korpri Sumenep, Selasa (28/11/2023).

Sumenepmediajatim.com — Ikatan Alumni Wiraraja Fakultas Ilmu Kesehatan (Ikaraja-FIK) bekerja sama dengan PT. Timuraya Jaya Lestari menggelar Talk Show bertajuk “Strategi Meraih Peluang Kerja Bidan dan Perawat di Luar Negeri” di Graha Wicaksana Abdi Negara, Gedung Korpri Sumenep, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan para alumni FIK UNIJA agar bisa menjadi tenaga kesehatan di luar negeri khususnya di Arab Saudi.

Pengurus Ikaraja-FIK Ali Haris R memaparkan, peluang untuk mendapatkan pekerjaan saat ini masih menjadi tantangan utama bagi para lulusan ilmu kesehatan. Apalagi peluang jadi tenaga kesehatan di luar negeri.

“Makanya kami memfasilitasi Talk Show ini, supaya teman-teman alumni yang belum bekerja atau para calon alumni tidak terlalu bingung dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan, utamanya ke Arab Saudi,” ungkapnya, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga:  Elf Terguling di Jalur Ijen, 9 Wisatawan Alami Luka Berat

Karena, kata Haris, jika alumni FIK UNIJA nanti ada yang menjadi tenaga kesehatan di Arab Saudi, tentu saja akan sangat membanggakan.

“Semoga kegiatan ini menjadi bekal bagi para alumni untuk bisa bekerja di luar negeri sebagai tenaga kesehatan,” harapnya.

Dekan FIK UNIJA Syaifurrahman Hidayat menerangkan bahwa kegiatan ini digelar memang untuk menyiapkan calon alumni agar mendapatkan peluang kerja, khususnya ke luar negeri.

Banner Iklan Media Jatim

“FIK bukan sekadar meluluskan mahasiswa, tapi juga menyiapkan lapangan pekerjaannya. Sekarang kampus bekerja sama dengan PT. Timuraya Jaya Lestari yang fokus menyiapkan tenaga kesehatan ke Arab Saudi,” ungkapnya, Selasa (28/11/2023).

Direktur Operasional PT. Timuraya Jaya Lestari Tri Indrawati mengaku telah menyiapkan agar lulusan FIK UNIJA bisa bekerja di luar negeri.

Baca Juga:  Habiskan Rp9,6 Miliar, Kawasan Industri Hasil Tembakau Sumenep Belum Beroperasi

“Kebetulan saya fokusnya Arab Saudi untuk tenaga kesehatan,” ungkapnya, Selasa (28/11/2023).

Untuk menjadi tenaga kesehatan di Arab Saudi, kata Indrawati, lulusan FIK UNIJA harus menguasai bahasa Inggris, karena itu syarat utamanya. Sebab, bahasa Arab menjadi bahasa kedua dalam sektor kesehatan di Arab Saudi.

“Tapi tenang, perusahaan kami akan memberikan bimbingan hingga tuntas,” imbuhnya.

Indrawati berharap, program ini dapat menghapus stigma bahwa TKI dan TKW di luar negeri, terutama di Arab Saudi, hanya pekerja kasar.

“Melalui program ini, kita bisa membuktikan bahwa Indonesia, khususnya FIK UNIJA juga mampu menyalurkan tenaga kerja profesional bidan dan perawat ke Arab Saudi,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan Talk Show ini juga dihadiri oleh sejumlah dosen dan 320 alumni serta calon alumni FIK UNIJA.(mj21/faj)