Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Ciptakan Produk Unik dari Serbuk Kayu, Mahasiswa UIM Raih Penghargaan Wirausaha Merdeka

Media Jatim
UIM
(Dok.Media Jatim) Mahasiswa UIM Pamekasan saat mendapat penghargaan sebagai Tim Terbaik kategori Produk Terunik pada Demo Day Wirausaha Merdeka di Aula Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Rabu (6/12/2023).

Pamekasan, mediajatim.com – Mahasiswa Universitas Islam Madura (UIM) mendapat penghargaan sebagai Tim Terbaik kategori Produk Terunik dalam Program Wirausaha Merdeka yang diselenggarakan oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Rabu (6/12/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Plt Dekan Fakultas Ekonomi UIM Ach. Baihaki yang juga menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tim UIM dalam Program Wirausaha Merdeka itu mengatakan, penghargaan ini merupakan akumulasi dari proses pembinaan yang sudah berlangsung lama.

“Produk yang kami ciptakan di salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini berbahan dasar serbuk kayu yang berasal dari tempat pemotongan kayu atau mebel,” tuturnya, Senin (11/12/2023).

Dari serbuk kayu tersebut, kata Baihaki, Tim UIM menghasilkan dua jenis produk berupa vandel dan hiasan dinding.

Baca Juga:  Soroti Piutang PDAM Trunojoyo Rp5,8 Miliar, DPRD Sampang Tunggu RKAP untuk Evaluasi

“Selama ini kami tahu bahwa limbah serbuk kayu itu penanggulangannya dibakar. Hal ini menimbulkan masalah lingkungan berupa polusi udara. Karenanya kami coba olah serbuk kayu tersebut menjadi sebuah produk yang bernilai jual,” jelasnya.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

Sebenarnya, lanjut Baihaki, yang dinilai dari produk Tim UIM pada Program Wirausaha Merdeka yang diselenggarakan oleh PPNS itu bukan hanya keunikannya, melainkan juga filosofi dan tagline-nya.

“Filosofi dari produk kami, yaitu menghasilkan produk dari sampah tanpa menciptakan sampah baru. Sedangkan tagline-nya adalah Ranger of Nature atau penyelamat alam,” bebernya.

Baca Juga:  Dosen UIM Latih Kelompok Usaha Buat NIB dan Pasarkan Produk Lewat e-Commerce 

Memang, tutur Baihaki, minat masyarakat terhadap produk Tim UIM ini tidak setinggi minat publik terhadap produk makanan dan minuman.

“Namun kami yakin, produk yang diciptakan mahasiswa UIM ini pasti menemukan pasarnya sendiri nanti,” terangnya.

Baihaki menambahkan, hal yang selalu ditekankan dalam tim, yakni bagaimana menciptakan trend.

“Kami mengubah mindset mahasiswa untuk tidak mengikuti trend tapi menciptakan trend. Ini adalah karakter seorang entrepreneur,” terangnya.

Ke depan, ucap Baihaki, produk-produk unik yang telah dibuat oleh Tim UIM ini akan terus dikembangkan.

“Meski telah mendapatkan penghargaan, kami akan terus kembangkan produk ini,” pungkasnya.(fit/faj)