Peringati Hari Ibu ke-95, Ketua GOW Sumenep Dorong Perempuan Hidup Mandiri

Media Jatim
GOW
(Kurdianto Al Laily/Media Jatim) Ketua GOW Sumenep Chusnul Chotimah saat sambutan dalam Peringatan Hari Ibu ke-95 di Aula Sekretariat TP PKK setempat, Selasa (12/12/2023).

Sumenepmediajatim.com — Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Sumenep menggelar Peringatan Hari Ibu ke-95 di Aula Sekretariat Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan yang bertajuk “Perempuan Berdaya, Ekonomi Berjaya dan Keluarga Sejahtera” ini diikuti oleh 75 peserta dari 25 anggota GOW Sumenep.

Ketua GOW Sumenep Chusnul Chotimah mengatakan, Peringatan Hari Ibu adalah momentum bagi kaum ibu untuk mengembangkan potensi dan kompetensi.

“Perempuan harus selalu meng-update kompetensi, agar bisa jaya dan membantu perekonomian keluarga,” ungkapnya saat sambutan, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga:  Anggrid Ivanca 'Keneng Paran'

Lebih lanjut perempuan yang akrab disapa Ima itu menerangkan, perempuan juga harus mendampingi suami secara aktif. “Menjadi teman diskusinya, atau yang lainnya,” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini, Ima berharap, perempuan di Sumenep bisa lebih mandiri dan eksis. “Tidak hanya berpenghasilan, tapi juga bisa mengatur perekonomian keluarga. Saya yakin, jika ini tercapai, kehidupan keluarga akan berjaya dan sejahtera,” bebernya.

Dosen Fakultas Ilmu Hukum Universitas Brawijaya Malang Rosyidah Rahmawati, yang hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini menerangkan, untuk menjaga keutuhan dalam kehidupan rumah tangga, harus bisa meminimalisasi pertengkaran dan tidak saling menyalahkan saat ada masalah.

Baca Juga:  Mensos Cairkan Rp6,9 Miliar Bantuan Jaminan Hidup

“Kalau menasihati, tidak perlu kita menghakimi,” ungkapnya, Selasa (12/12/2023).

Cara berkomunikasi dan menasihati dalam keluarga, tutur Rosyidah, harus memakai pendekatan yang terbaik. “Stop menasihati dengan cara menyalahkan,” pungkasnya.(mj21/faj)