WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Gandeng UTM, UNAIR dan Lincoln University, FEB UNIJA Gelar Pendampingan Masyarakat Internasional

Media Jatim
UNIJA
(Kurdianto Al Laily/Media Jatim) Dekan FEB UNIJA Ahmad Ghufrony (baju hijau army) saat meninjau lokasi budi daya rumput laut di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Sumenep, Selasa (9/1/2024).

Sumenepmediajatim.com — Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura melaksanakan Pengabdian Masyarakat Internasional tentang Ketahanan Pangan Berkelanjutan Produksi Rumput Laut di Desa Lobuk, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Selasa (9/1/2024).

Dalam kegiatan ini, FEB UNIJA bekerja sama dengan FEB Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, FEB Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dan Lincoln University New Zealand.

Dekan FEB UNIJA Madura Ahmad Ghufrony mengatakan akan terus berupaya memberikan pendampingan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama di sektor rumput laut.

Baca Juga:  DPMD Sumenep Perkenalkan Kantin Suapan Cinta ke Bupati Fauzi

“Sebab, Sumenep ini terdiri dari beberapa pulau yang sangat potensial dalam usaha budi daya rumput laut,” ungkapnya, Selasa (9/1/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Pengabdian masyarakat ini, kata Ghufrony, tidak hanya melibatkan dosen. “Tapi juga mengajak mahasiswa agar berkontribusi nyata memberikan pendampingan terhadap permasalahan yang dialami oleh petani,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lobuk Moh. Saleh berharap ada kerja sama dari berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. “Terutama kampus. Sebab, kampus itu adalah gudang ilmu dan penelitian,” ujarnya, Selasa (9/1/2024).

Kata Saleh, Pemerintah Desa (Pemdes) hingga saat ini terus berupaya menggali potensi yang dimiliki Desa Lobuk.

Baca Juga:  Masuk Tahap Studi Kelayakan, Indonesia Islamic Science Park di Bangkalan Akan Dibagi Empat Zona

“Makanya, dengan kerja sama ini, saya berharap segala potensi yang dimiliki desa kami semakin produktif dan bermanfaat,” pungkasnya.(ly/faj)