WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Dukung Kuliner Mangrove di Sumenep, FP UNIJA Dampingi Pelaku Usaha Buat Kemasan Produk Kreatif

Media Jatim
UNIJA
(Dok. Media Jatim) Dosen Fakultas Pertanian UNIJA Madura Dody Tri Kurniawan bersama tim dan mahasiswa dalam kegiatan PKM di Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

Sumenep, mediajatim.com — Fakultas Pertanian (FP) Universitas Wiraraja (UNIJA) Madura melaksanakan Pendampingan kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep sejak September hingga Desember 2023.

Dalam kegiatan ini, FP UNIJA bermitra dengan Kelompok Reng Paseser Desa Pinggir Papas yang mempunyai usaha kuliner berbahan dasar mangrove.

Dosen Fakultas Pertanian UNIJA Madura Dody Tri Kurniawan mengatakan, Desa Pinggir Papas sangat potensial dalam pengembangan usaha kuliner mangrove.

Salah satu upaya untuk mendukung pengembangan usaha tersebut, ujar Dody, FP UNIJA mendampingi para pelaku usaha membuat pengemasan produk secara kreatif dan informatif.

Banner Iklan Media Jatim

“Tentu saja, tujuannya agar meningkatkan daya beli produk. Mitra yang kami pilih belum memiliki keterampilan dalam mendesain kemasan produknya secara menarik,” ungkapnya, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga:  Warga Bangkalan Digegerkan Penemuan Mayat Laki-Laki di Area Persawahan

Selain itu, lanjut Dody, mitra juga belum memiliki legalitas. “Jadi kami bersama tim dan mahasiswa membantu mengurus perizinan,” terangnya.

Agar sukses di pasar, tutur Dody, produk mitra juga harus higienis. Hal ini penting untuk melindungi konsumen agar tetap dalam keadaan sehat saat menikmati produk-produk kuliner mangrove ini.

Dody menambahkan, kegiatan ini termasuk dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) tiga perguruan tinggi, yakni dosen berkegiatan di luar kampus.

“Kami juga melibatkan mahasiswa. Sebab, keikutsertaan mahasiswa direncanakan untuk direkognisi dengan mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL),” pungkasnya.(ly/faj)