Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Soroti Masalah Petani Tembakau Jelang Pilpres, APPTN Sebut Para Capres Hanya Janji Kosong!

Media Jatim
Tembakau
(M. Arif/Media Jatim) Diskusi soal masa depan ekosistem tembakau menjelang Pilpres 2024 yang digelar APPTN di Aula Mini Andayani, Pamekasan, Kamis (25/1/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN) memberikan atensi khusus masalah petani tembakau menjelang Pilpres 2024.

Atensi khusus itu diberikan, sebab para Paslon Capres belum memberikan statemen khusus terkait keberpihakannya pada petani tembakau.

“Kami harus memberikan atensi khusus kepada para Capres, karena selama ini belum nampak komitmennya kepada ekosistem pertembakauan,” ungkap Koordinator APPTN Samukrah saat diskusi dengan awak media di Aula Mini Andayani, Pamekasan, Kamis (25/1/2024).

Dalam diskusi yang bertajuk “Masa Depan Tembakau dan Hasil Industrinya” itu, Samukrah menilai, ketiga Capres hingga detik ini hanya menyatakan janji kosong terkait masa depan Industri Hasil Tembakau (IHT).

Banner Iklan Media Jatim

“Saya sengaja mengajak media agar bisa bersinergi dengan baik untuk menentukan masa depan pertembakauan, termasuk pekerja dan petaninya,” jelasnya.

Baca Juga:  DKPP Pamekasan Gelar Pasar Tani Galak untuk Stabilkan Harga Bahan Pokok: Konsumen Beli Langsung ke Produsen!

Pengamat Ekonomi Zainal Abidin NS yang menjadi narasumber dalam diskusi ini menjelaskan, tembakau merupakan komoditas yang telah membuka lapangan pekerjaan dari hulu ke hilir.

“Masa depan yang baik hanya bisa dipastikan melalui regulasi yang mendukung terhadap ekosistem tembakau, dan itu butuh peran semua pihak,” ungkapnya, Kamis (25/1/2024).

Apalagi, kata Zainal, cukai rokok telah menyumbang banyak pendapatan negara, bahkan hingga ratusan triliun.

“Intinya Paslon yang terpilih wajib menunjukkan keberpihakan kepada ekosistem tembakau,” pungkasnya.(rif/faj)