Jadi Pusat Rujukan Uro-Nefrologi se-Madura, RSUD Smart Pamekasan Akan Tambah 2 Ruang Operasi

Media Jatim
Operasi
(Rena Yunita J/Media Jatim) Ruang Pelayanan Terpadu Urologi RSUD Smart Pamekasan, Senin (12/2/2024) sore.

Pamekasan, mediajatim.com – RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo (Smart) Pamekasan akan membangun dua kamar operasi untuk layanan Poliklinik Urologi pada April 2024 mendatang.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Dua kamar operasi ini untuk menambah fasilitas ruang operasi penyakit ginjal (nefrologi) dan saluran kencing (urologi) atau yang dikenal dengan uro-nefrologi.

Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Smart Pamekasan R. Moh. Ramdhian Purwanto mengatakan, RSUD Smart Pamekasan menjadi pusat rujukan uro-nefrologi se-Madura.

“Setiap harinya tidak kurang dari 60 pasien yang kami tangani. Karena itulah kami sediakan dua dokter spesialis urologi yang kompeten, kemudian beberapa alat seperti ESWL dan PCNL serta ruang operasi,” ungkapnya, Senin (12/2/2024).

Baca Juga:  Bukit Lanjari Sumenep Jadi Objek Wisata dan Titik Festival Paralayang se-Jawa Timur 2023

Memang, kata pria yang akrab disapa Dhony itu, tidak semua penyakit uro-nefrologi memerlukan tindakan operasi. “Penyakit uro-nefrologi yang butuh operasi terbuka itu adalah batu ginjal yang ukurannya besar. Kalau batu ginjalnya kecil bisa ditangani dengan ESWL, atau yang agak besar sedikit cukup dengan PCNL” jelasnya.

Lebih lanjut Dhony menerangkan bahwa anggaran pembangunan dua kamar operasi di RSUD Smart Pamekasan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang nilainya kurang lebih Rp2 miliar. “Proyek ini sudah disetujui sejak 2023 lalu oleh pihak konsultan,” imbuhnya.

Sementara pengadaan alat, sarana dan prasarana untuk dua kamar operasi ini, lanjut Dhony, berasal dari dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Anggaran yang dari BLUD ini akan cair di akhir 2024 nanti. Kami harus menyediakan ruangannya dulu baru pengadaan alatnya. Karena alat yang digunakan di ruang operasi ini memiliki sensitivitas yang tinggi dan harganya juga tidak murah. Jadi kami juga harus memenuhi beberapa persyaratan terkait sterilitas ruang operasi,” terangnya.

Baca Juga:  Soroti Pungli Seragam Sekolah dan Alih Fungsi Lahan, Aktivis PMII dan GMNI Bangkalan Geruduk Kantor Pemkab

Dengan penambahan dua kamar operasi ini, tutur Dhony, dokter akan punya kamar operasi dan peralatan masing-masing. Harapannya, dapat mempercepat pelayanan, mengingat jumlah pasien yang cukup tinggi setiap harinya.

“Ini salah satu upaya kami untuk meningkatkan layanan medis di bidang uro-nefrologi. Berhubungan jam terbang dokter spesialis kami cukup tinggi, dengan kelengkapan fasilitas yang kami sediakan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berobat di RSUD Smart Pamekasan,” pungkasnya.(fit/faj)