PERIODE II

Tekan Harga Sembako Jelang Lebaran, Pemkab Sumenep Gelar Gerakan Pangan Murah

Media Jatim
Harga
(Kurdianto Al Laily/Media Jatim) Kepala DKPP Sumenep Chainur Rasyid (tengah) saat meninjau salah satu stan GPM di area Taman Adipura Sumenep, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Senin (1/4/2024).

Sumenepmediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di area Taman Adipura Sumenep, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Senin (1/4/2024).

Kegiatan GPM ini dibuka langsung oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep Abd. Madjid.

Kepala DKPP Sumenep Chainur Rasyid mengatakan, GPM adalah program Badan Pangan Nasional (BPN) yang orientasinya untuk meringankan beban masyarakat saat harga sembako melonjak menjelang lebaran.

“GPM ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk Sumenep berpusat di kota,” ungkapnya, Senin (1/4/2024).

Baca Juga:  Aliyadi Sebut Capaian Jawa Timur Luar Biasa Pasca Pandemi Covid-19

Pemkab Sumenep, kata Chainur, berkolaborasi dengan Bulog dan ID Food dalam upaya menekan harga sejumlah bahan pokok, seperti beras dan minyak goreng.

“Di GPM, harga pasti lebih murah dan tidak ada persyaratan yang ribet. Di stan ada beras, minyak goreng dan gula pasir. Khusus untuk beras dan minyak goreng, satu orang dibatasi satu paket beras dan minyak goreng,” imbuhnya.

Selain beras, minyak goreng dan gula, Pemkab Sumenep juga menyediakan hasil pertanian, seperti bawang merah, selada, cabai merah, telur dan lainnya di GPM.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Santuni Anak Yatim, Duafa, dan Guru Ngaji

“Semuanya hasil panen dari petani lokal kita, silakan tanya di stan, selama stok masih ada, pasti dilayani,” tandas Chainur.(ly/faj)