Berharap Dongkrak PAD, Harga Tiket 3 Wisata Pelat Merah di Pamekasan Dinaikkan

Media Jatim
Wisata
(Dok. Media Jatim) Beberapa pengunjung wisata Mangrove di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Selasa (16/4/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Pemkab Pamekasan menaikkan harga tiket masuk tiga destinasi wisata pelat merah pada momen libur lebaran 2024.

Tiga wisata pelat merah tersebut, yaitu Pantai Talang Siring, Mangrove Lembung, dan Pantai Jumiang. Di tiga wisata ini, tiket masuk yang awalnya hanya Rp2 ribu naik menjadi Rp5 ribu.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan R. Moh. Zahri menjelaskan, tarif tiket di tiga destinasi wisata itu dinaikkan sebab dinilai sangat murah dibanding wisata yang lain.

“Tiket destinasi wisata lainnya sudah ada yang Rp10 ribu, maka kenaikan ini sudah sepatutnya dilakukan,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga:  Dorong Pembangunan Jawa Timur, Aliyadi Mustofa Kawal Terus Pemberdayaan Desa Wisata

Sebenarnya, kata Zahri, rencana untuk menaikkan tarif tiket di tiga wisata tersebut sudah tahun lalu. Namun karena harus dibuatkan Perda, maka baru tahun ini terlaksana.

“Awalnya mau diberlakukan awal April lalu, namun karena terkendala tiket yang harus dicetak dulu, kemudian ke keuangan untuk disahkan, sehingga agak mundur dari rencana awal,” ucapnya.

Pihaknya menyebutkan, kenaikan tarif tiket wisata tersebut diharapkan dapat mendongkrak PAD sektor wisata di Pamekasan.

Sementara itu, pengelola Wisata Mangrove Lembung Slaman menerangkan bahwa kebijakan pemerintah menaikkan tarif wisata itu harus dibarengi dengan peningkatan fasilitas.

Baca Juga:  Anggaran Tak Cukup, Proyek Lapangan Sepak Bola di Sampang Mandek

“Mungkin kalau sekarang, pengunjung belum berpikir terkait tarif, tapi di hari-hari biasa, mungkin akan jadi bahan pertimbangan mereka,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Selasa (16/4/2024).

Oleh karena itu, Slaman berharap, fasilitas wisata yang dikelolanya nanti juga ditingkatkan, agar sepadan dengan kenaikan harga tiket. Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak merasa rugi telah membayar tiket.(rif/faj)