Jelang Pilkada Bangkalan, Sejumlah Figur Mulai Ambil Formulir Pendaftaran Cabup dan Cawabup

Media Jatim
Pilkada
(Dok. merdeka.com) Ilustrasi Cabup dan Cawabup di Pilkada 2024.

Bangkalan, mediajatim.com — Menjelang Pilkada Bangkalan, sejumlah figur mulai mengambil formulir pendaftaran Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) 2024-2029 di beberapa parpol.

Pengurus DPC PKB Bangkalan berinisial U menerangkan, ada dua figur yang telah mengambil formulir pendaftaran Cabup dan Cawabup.

“Baru dua figur, yakni Ra Bir Ali mengambil formulir Cabup dan Zaifullah mengambil formulir Cawabup,” ungkapnya, Selasa (7/5/2024).

Selain dua figur tersebut, kata U, ada beberapa tokoh lain yang rencananya juga akan mengambil formulir Cabup di PKB, yaitu DPR RI sekaligus Ketua DPC PKB Bangkalan Shafiuddin Asmoro serta dua DPRD Jatim Mahfud dan Fauzan.

“Kita tunggu saja, sementara ini yang bersangkutan masih belum mengambil formulir,” ulasnya.

Baca Juga:  Terungkap, Gugatan Kholifah Hanya Diajukan Setengah Pasang

Sementara itu, Ketua Panitia Penjaringan Seleksi Cabup dan Cawabup Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Bangkalan Abd Hafid mengatakan bahwa sudah ada tiga sosok yang mengambil formulir Cabup dan Cawabup.

Tiga sosok tersebut, terang Hafid, yakni DPRD Jatim Mahfud, Ra Bir Ali, dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bangkalan Suyitno.

“Mahfud dan Suyitno sama-sama kader PDI. Kalau Ra Bir Ali non-partai. Formulirnya nanti akan kami serahkan ke DPP PDI Perjuangan untuk diseleksi,” ujarnya, Selasa (7/5/2024).

Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bangkalan Sairil Munir mengatakan, calon perseorangan yang memenuhi persyaratan juga dapat mendaftar sebagai Cabup dan Cawabup.

Baca Juga:  Dua SD Bermasalah, Disdik Bangkalan Dimintai Pertanggungjawaban

“Syaratnya harus mendapatkan dukungan masyarakat, yang disertai dengan foto kopi KTP minimal 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 50 persen plus satu masyarakat dari semua kecamatan,” jelasnya.

Diketahui, sejumlah organisasi di Bangkalan belakangan ini juga saling mengusung pilihannya untuk menjadi Cabup dan Cawabup.

Sebelumnya, Asosiasi Kepala Desa Bangkalan mendeklarasikan diri untuk mendukung Kepala Desa Aeng Tabar Jayus Salam menjadi Cawabup dalam Pilkada 2024 nanti.

Terbaru, Forum Majelis Musyawarah Masyarakat Bangkalan (M3B) juga mengumumkan telah mendukung KH. Imam Bukhori Kholil menjadi Cabup pada Pilkada Bangkalan nanti.(hel/faj)