Display 17 Agustus _20240829_131215_0000
News  

Mewakili Jawa Timur, Siswa dari Pamekasan Tampilkan Seni dan Budaya Madura di Puncak FTBI 2024

Media Jatim
(Dok. Media Jatim) Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini mendampingi siswa SD dan SMP dari Madura yang menampilkan kesenian budaya dan bahasa pada puncak FTBI 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — 7 Siswa SD dari Kabupaten Pamekasan berhasil merebut gelar Juara Umum dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) se-Jawa Timur (Jatim) yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jatim pada 9 November 2023 lalu.

Banner Iklan Media Jatim

Atas keberhasilan itu, siswa SD dari Pamekasan dipilih untuk mewakili Jatim untuk tampil di FTBI tingkat nasional yang dilaksanakan pada Rabu (1/5/2024) hingga Sabtu (5/5/2024) di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini menuturkan bahwa FTBI di tingkat nasional ini tidak dilombakan sebagaimana tingkat provinsi.

“Tidak dilombakan. Jadi perwakilan setiap provinsi menampilkan kesenian budaya dan bahasa ibu masing-masing daerah,” tuturnya kepada mediajatim.com, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga:  Isra’ Mi’raj, Bupati Pinta ASN Mampu Tingkatkan Kualitas Kinerja

Zaini mengungkapkan bahwa perwakilan dari Jawa Timur tidak hanya siswa-siswi dari Pamekasan melainkan juga siswa-siswi dari tiga kabupaten di Madura.

IMG-20240908-WA0006
IMG-20240908-WA0007
IMG-20240907-WA0007

“Karena yang mendapat golden ticket tidak hanya dari Pamekasan, total dari Jatim ada 14 siswa. Pamekasan selaku juara umum memberangkatkan lima dari SD dan SMP,” paparnya.

Sementara siswa yang mendapat golden ticket dari Bangkalan ada tiga anak, Sampang dua anak, dan Sumenep empat anak.

“Program ini menjadi media atau wadah bagi masyarakat untuk melestarikan budaya, kesenian, dan bahasa daerah khususnya Madura dimulai dari usia sekolah yaitu SD dan SMP,” sambung Zaini.

Baca Juga:  SMK Sumber Nangka Pamekasan Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

Terpisah, guru pendamping yang ditunjuk Kemendikbudristek RI melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Aisyah Minarni Mukti mengatakan bahwa ada tujuh kesenian yang ditampilkan dari Jawa Timur.

Penampilan ini mendapat apresiasi dari Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI Prof. Endang Aminudin Aziz.

“Ada puisi, pidato, tembhang macapat, ngejhung, dongeng, komedi tunggal, menulis carakan, dan ini diapresiasi langsung oleh Prof. Aminudin. Beliau mengatakan bahwa penampilan dari Jawa Timur itu amazing,” ujarnya.(fit/ky)