Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

DLH Jawa Timur Verifikasi Lapangan ke Desa dan Kelurahan Kandidat Berseri 2024 di Pamekasan

Media Jatim
DLH Pamekasan
(Fitria M/Media Jatim) Perwakilan tim verifikasi lapangan DLH Provinsi Jawa Timur Fitriah (kiri depan) meninjau langsung kandidat Desa/Kelurahan Berseri 2024 di Kelurahan Barurambat Timur, Pamekasan, Selasa (21/4/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur melakukan verifikasi lapangan ke dua desa dan satu kelurahan kandidat Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) Jawa Timur Tahun 2024, Selasa (21/5/2024).

Dua desa dan satu kelurahan yang menjadi kandidat Berseri 2024 yakni Desa Pagendingan dan Durbuk untuk kategori madya, lalu, Kelurahan Barurambat Timur untuk kategori pratama.

Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda DLH Pamekasan M. Selamet Djauhari mengatakan bahwa Pamekasan hanya mengajukan dua desa dan satu kelurahan dan tiga-tiganya lolos menjadi kandidat.

“Kami lakukan pendampingan dan koordinasi dengan tiga kandidat ini agar nilainya bisa mencapai indikator yang ditetapkan DLH Jawa Timur. Dari penilaian kami dan DLH Jawa Timur, yang paling dominan di indikator pengelolaan sampah dan partisipasi masyarakat,” paparnya kepada mediajatim.com, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga:  Hipertensi Bisa Diatasi dengan Pola Makan Seimbang, Berikut Tips dari Ahli Gizi RSUD Smart Pamekasan

Perwakilan Tim Verifikatur DLH Jawa Timur yang turun ke Kelurahan Barurambat Timur Fitriah mengatakan bahwa tinggi rendahnya penilaian atas dua indikator di atas mengacu pada peran serta kelurahan.

Banner Iklan Media Jatim

“Pak lurah memberi ruang dan keterbukaan bagaimana masyarakat bisa mengondisikan lingkungannya bersih dan lestari. Ini bentuk dari bagaimana kerja sama dan keguyuban terjalin baik, sehingga semuanya dapat berjalan,” ungkapnya di depan awak media, Selasa (21/5/2024).

Sebab itulah, kata Fitriah, DLH Jawa Timur memberikan kesempatan dalam kurun waktu seminggu ke Kelurahan Barurambat Timur untuk berbenah pada indikator lainnya.

Baca Juga:  Bea Cukai Madura Diduga Terima Aliran Uang Pengamanan Rokok Ilegal, Dear Jatim: Tak Ada Pemilik Ditangkap!

“Mengapa saya menawarkan hal ini, karena keguyuban dan kerja sama di Kelurahan Barurambat Timur sangat baik, ini akan jadi modal utama untuk berbenah dan saya yakin bisa lolos,” tukasnya.

Mendapat kesempatan berbenah, Lurah Barurambat Timur Tidar Anugerah Haq mengaku telah bergerak bersama masyarakat untuk melakukan pembenahan.

“Ada empat evaluasi dari DLH Jatim, di antaranya terkait Ruang Terbuka Hijau, pemilahan sampah sesuai tempatnya, bank sampah yang harus diberdayakan, kemudian imbauan terkait lingkungan hidup. Semoga setelah berbenah apa yang kami harapkan bisa tercapai dan yang penting adalah penerapannya,” tuturnya.(fit/ky)