PERIODE II

UNIJA Teken MoU dengan INTI International University Malaysia di KBRI Kuala Lumpur untuk Program Kemanusiaan

Media Jatim
UNIJA Madura
(Dok. Media Jatim) Dari kiri: Warek 1 UNIJA Mujib Hannan, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Muhammad Firdaus, Wakil Kepala Perwakilan KBRI KL Rossy Verona, Rektor Sjaifurrachman, Vice Counselor INTI International University Joseph Lee, Sekjen Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI) Andi Ilham Makhmud usai penandatanganan MoU, Senin (20/5/2024).

Internasional, mediajatim.com — Selain dengan UiTM, Universitas Wiraraja (UNIJA) juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama INTI International University Malaysia, Senin (20/5/2024).

UNIJA dan INTI bersepakat untuk bekerja sama dalam program kemanusiaan bidang pendidikan di Malaysia.

Program kemanusiaan dimaksud yakni memberikan pendidikan kepada anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia melalui kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIJA Anik Anekawati menyampaikan bahwa kerja sama ini perlu dilaksanakan karena ada permasalahan dengan pendidikan anak para PMI di Malaysia yang undocument.

“Kami rasa perlu dilakukan kolaborasi bersama dengan banyak pihak untuk membantu hal tersebut,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Rabu (22/5/2024).

Baca Juga:  Segera Copot Kepala SDN Banuaju Barat 1 Sumenep

MoU yang diteken di kantor KBRI Kuala Lumpur Malaysia ini disaksikan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI)

UNIJA diundang langsung oleh Atdikbud KBRI melalui surat bernomor 164/DL/04/2024/14.

Rektor UNIJA Sjaifurrachman menambahkan bahwa kerja sama di kancah internasional yang dikhususkan untuk program kemanusiaan bidang pendidikan di Malaysia akan melibatkan mahasiswa dan dosen.

Melibatkan mahasiswa sebagai implementasi program MBKM dan melibatkan dosen dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.

“Saya berharap kerja sama ini segera terealisasi
dengan baik dan terkoordinir,” harapnya.

Baca Juga:  843 Calon Wisudawan UNIJA Ikut Seminar Motivasi, Rektor: Jadilah Generasi yang Inovatif!

Untuk diketahui, penandatanganan MoU UNIJA dan INTI dihadiri Atdikbud KBRI Muhammad Firdaus, Sekretaris Jenderal MRPTNI Andi Ilham Makhmud, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah, beberapa pejabat KBRI dan 24 perguruan tinggi lain yang juga mendapat undangan untuk penandatangan MoU.(mj2/ky)