PERIODE II

PWI Beri Penghargaan Kapolres Pamekasan di Momen Hari Kabebasan Pers Dunia

Media Jatim
Kapolres Pamekasan 2024
(Dok. Media Jatim) Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam (tiga kanan) memberikan penghargaan kepada Kapolres AKBP Jazuli Dani Iriawan dalam acara simposium, Kamis (23/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — PWI Pamekasan memberikan penghargaan kepada Kapolres AKBP Jazuli Dani Iriawan sebagai “Pimpinan Peduli Kebebasan Pers di Kabupaten Pamekasan” pada acara simposium yang digelar di kantor pemerintah kabupaten setempat, Kamis (23/5/2024).

Simposium bertajuk “Menguatkan Kebebasan Pers di Kabupaten Pamekasan” ini digelar oleh PWI Kabupaten Pamekasan untuk merayakan Hari Kebebasan Pers Dunia atau World Press Freedom Day.

Ketua PWI Pamekasan Hairul Anam menerangkan, bahwa AKBP Dani tidak ujug-ujug menerima penghargaan ini.

“Kami memasang 8 indikator. Indikator ini hasil dari kita menyebar angket ke 45 anggota PWI terkait kinerja pejabat pemerintah dan pimpinan instansi di Pamekasan yang proaktif berkolaborasi dalam kerja-kerja kebebasan pers,” kata Anam, Kamis (23/5/2024).

8 indikator tersebut, pertama, pimpinan instansi yang meneken MoU dengan ketua organisasi wartawan di Pamekasan mendukung kebebasan pers.

Kedua, pemimpin yang selalu terbuka untuk sharing and hearing dengan wartawan berkaitan dengan upaya menangkal hoaks.

Baca Juga:  40 KPPS Tunggu Antrean Pemeriksaan Polisi dalam Kasus Pemotongan Anggaran TPS 2024

Ketiga, pimpinan yang terbuka dan aktif memberikan konfirmasi atas pertanyaan wartawan berkaitan dengan pendalaman berita hukum dan kriminal.

Keempat, pimpinan yang terbuka terhadap wawancara wartawan berkenaan dengan isu dan pendalaman isu tertentu.

Kelima, siaga 24 jam dihubungi wartawan untuk keperluan konfirmasi berita.

Keenam, pimpinan yang secara terbuka menyatakan siap dikritik dan dalam praktiknya menerima masukan dan kritik dari pekerja pers.

Ketujuh, pimpinan yang terlibat aktif memberikan support moral dan material kepada jurnalis Pamekasan yang mendatangi DPR RI, Dewan Pers, dan KPI dalam menyuarakan penolakan terhadap RUU Penyiaran.

Kedelapan, pimpinan instansi yang saat pelaksanaan konferensi pers dibuka dialog, diskusi atau bukan hanya tanya-jawab ringkas.

“Pak Kapolres Pamekasan memenuhi indikator itu, dan penghargaan ini kami berikan dengan harapan, Kapolres AKBP Dani ini menjadi role model bagi pejabat yang lain sehingga terbuka dan welcome atas wawancara wartawan,” papar Anam.

Baca Juga:  Sulaisi Duga Ada Manipulasi Akta Kematian Pewaris untuk Terbitkan SHM 02988 Bahriyah

Usai menerima piagam, Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan mengatakan bahwa penghargaan yang dia terima dari PWI Pamekasan syarat dengan tanggung jawab.

AKBP Dani menuturkan, bahwa penghargaan yang diterimanya juga mensyaratkan amanah pada dirinya.

“Penghargaan ini tanggung jawab besar bagi saya, saya berkomitmen, penghargaan ini akan senantiasa menjadi landasan saya mendukung terus kebebesan pers di Pamekasan,” tuturnya.

Mantan Kabagbinopsnal Ditresnarkoba Polda Jatim itu berharap pers senantiasa menjadi pelita, menyampaikan fakta dan apa yang disebut benar.

“Pers harus menjadi penerang, menerangkan apa yang selama ini belum terang, harus senantiasa menyampaikan fakta dan kebenaran,” harapnya.

Selebihnya, kata AKBP Dani, pers boleh memberikan kritik. “Berikan kritik yang membangun, yang mendukung majunya pembangunan di Pamekasan,” pungkasnya.(*/ky)