PERIODE II

KPU Pamekasan Ambil Sumpah 567 PPS, Halili: Jaga Netralitas!

Media Jatim
PPS Pilkada Pamekasan 2024
(M. Arif/Media Jatim) Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili melantik 567 PPS di Ballroom Hotel Azana, Minggu (26/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan melantik 567 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Azana kota setempat, Minggu (26/5/2024) siang.

Pelantikan yang dipimpin langsung Ketua KPU Pamekasan itu dihadiri Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jawa Timur Mifathur Rozaq dan Forkompinda setempat.

Ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili mengatakan bahwa pelantikan PPS bagian dari tahapan Pilkada dan Pilgub yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Pahami tugas dan wewenang agar saat menjalankan amanah nanti bisa mengerti dan memutuskan keputusan sesuai aturan,” tegas Halili usai pengambilan sumpah 567 PPS.

Baca Juga:  Meskipun Ditahan Karena Jual Sabu, Brigpol WB Masih Dapat Tugas Jadi Tim Pengamanan

Pria yang akrab disapa Mr. Han itu juga mengimbau semua anggota PPS untuk netral, jujur dan adil dalam melaksanakan tugas.

“PPS langsung berkoordinasi dengan Kades atau Lurah setempat, untuk membangun sinergisitas dengan mereka sebagai tuan rumah,” pintanya.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jawa Timur Miftahur Rozaq mengimbau PPS menjaga amanah atas tugas yang diembannya.

“Kalian sedang memikul tanggung jawab dalam melaksanakan tugas Pilkada 2024 melalui sumpah di bawah Al-Quran,” tuturnya.

Rozaq mengingatkan agar PPS memahami konteks peraturan pelaksanaan Pilkada dan Pilgub 2024 sehingga setiap mengambil keputusan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Baca Juga:  Pendaftar Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Wajib Cantumkan Tiga Hasil Pemeriksaan Kesehatan

“Selanjutnya, kompetensi tata kelola perlu didalami sehingga tugas dan wewenang bisa dijalankan sebaik mungkin,” ujarnya.

Untuk diketahui, 567 anggota PPS se-Pamekasan ini bertugas selama delapan bulan; sejak dilantik, Minggu (26/5/2024) hingga 27 Januari 2024 mendatang.(rif/ky)