PERIODE II

Kholilurrahman Klaim Didukung 5 Partai, Demokrat dan PBB Pastikan Belum Keluarkan Rekom!

Media Jatim
Kholilurrahman Pamekasan 2024
(Dok. Media Jatim) Kholilurrahman saat menyampaikan mendapat lima dukungan partai untuk maju ke Pilkada Pamekasan 2024, Senin (27/5/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Kandidat bakal calon Bupati Pamekasan 2024-2029 KH. Kholilurrahman mengklaim telah mengantongi lima rekomendasi dari partai politik (Parpol).

Klaim itu dia sampaikan dalam sebuah video berdurasi 1 menit 15 detik yang beredar pada Senin (27/5/2024).

“Lima partai, di mana saya sudah komunikasi dan mengembalikan formulir, alhamdulillah sampai saat ini solid, dan tidak perlu diragukan, rekom dari lima partai insyaallah tetap mengarah kepada saya,” ungkapnya dalam video yang beredar tersebut.

Dua di antara banyak partai yang telah menerima pengembalian formulir penjaringan bakal calon bupati dari Kiai Kholil yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Demokrat.

Ketua DPC Demokrat Pamekasan Ismail menegaskan bahwa sampai detik ini rekomendasi belum keluar kepada kandidat bakal calon mana pun.

Baca Juga:  Pergi untuk Kembali Menuju Republik Hebat

Ismail mengatakan, klaim-klaim yang dilakukan Kiai Kholil sah-sah saja karana siapa saja bisa melakukan itu.

“Rekom tidak bisa disimpulkan hari ini, kami memperlakukan semua calon dalam penjaringan ini sama atau setara, dan apakah rekom itu jatuh kepada siapa, ya, kita lihat nanti, tidak bisa disimpulkan hari ini, karena rekom ini kewenangan DPP,” jelas Ismail, Senin (27/5/2024) malam.

Ismail menambahkan, bahwa Demokrat akan melihat administrasi, kompetensi dan hasil survei figur–lembaga survei ditentukan DPP–yang masuk dalam penjaringan.

“Kita masih ada langkah selanjutnya (sebelum rekom, red), ada fit and propper test, dari hasil itu baru pleno, apakah calon memenuhi syarat atau tidak,” paparnya.

Di lain pihak, Ketua DPC PBB Pamekasan Hamdi juga mengatakan bahwa penjaringan bakal calon di partainya masih dibuka hingga 31 Mei 2024.

Baca Juga:  Kobalama Plus Digelar Perdana Pascapandemi, Tim Basket Putra-Putri SMAN 3 Pamekasan Sabet Juara 1 dan 2

“Kalau ada klaim-klaim, tidak ada persoalan, sah-sah saja mengkalim seperti itu, namun sampai saat ini tidak ada rekom keluar, belum mengarah ke siapa pun, nanti pada waktunya akan diketahui seperti apa akhirnya,” ulasnya, Senin (27/5/2024) malam.

Hamdi juga menjelaskan bahwa di PBB, proses rekomendasi tidak mudah dan instan karena masih ada uji kelayakan.

“Siapa saja yang diajukan nanti akan dipanggil ke DPP, baru keluarlah rekom,” tukasnya.

Untuk diketahui, hasil Pileg 2024 Pamekasan kemarin, Demokrat berhasil meraih tujuh kursi dan PBB mendapat enam kursi. Sementara syarat minimal dukungan untuk bakal calon yakni 9 kursi.(ak/ky)