WhatsApp Image 2024-09-06 at 12.09.54

Baidowi Kenang Masa Kecil Tinggal di Pamekasan: Ceritakan Silsilahnya dari Kecamatan Kadur!

Media Jatim
Baidowi Baleg
(Dok. Media Jatim) Achmad Baidowi (baju putih) mengunjungi rumah patobinnya di Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Minggu (14/7/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRI RI Achmad Baidowi mengenang masa kecilnya tinggal di Kabupaten Pamekasan, Minggu (14/7/2024).

Baidowi mengenangnya dengan cara mendatangi rumah patobin-nya di Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur.

“Rumah patobin ini masih utuh, masa kecil saya tidur di sini bersama saudara,” cerita Baidowi sambil menunjukkan tempat tidurnya.

Baidowi mengatakan bahwa rumah patobin-nya dibiarkan tetap sebagaimana aslinya. Kata dia, agar memori masa kecilnya utuh melekat pada bangunan yang masih asli.

Banner Iklan Media Jatim

“Alhamdulillah saya dan kekuarga rutin ke sini setiap kali berkunjung ke Madura, mampir ke rumah patobin,” tuturnya.

Baca Juga:  Poster Kecaman Menolak UU Cipta Kerja Membuat Gagal Fokus

Pada kesempatan tersebut Baidowi juga menceritakan garis keturunan dari ibunya yang berasal dari Dusun Ba’Bato Barat, Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur. Sementara ayahnya juga keturunan dari Kertagena Tengah.

Kemudian kakeknya merantau ke Jawa karena perekonomiannya dalam kondisi sulit. Kakeknya lalu migrasi ke Jawa dan bekerja di sebuah perkebunan kopi.

“Alhamdulillah sampai hari ini rumah patobin ini masih terkenang dalam perjalanan hidup saya kembali ke Madura, mondok dan jadi aktivis di Madura dan keluarga orang Madura,” pungkasnya.(**/ky)