Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

BLT DBHCHT Pamekasan Belum Cair ke 23.875 Penerima, Dinsos Berdalih Masih Verifikasi Data

Media Jatim
DBHCHT
(Dok. Media Jatim) Pendamping PKH Kecamatan Pamekasan saat melakukan Verval kepada calon penerima BLT DBHCHT beberapa waktu lalu.

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (BLT DBHCHT) hingga kini, Senin (5/8/2024).

Banner Iklan Media Jatim

BLT tersebut belum bisa dicairkan sebab masih dalam tahap verifikasi dan validasi (Verval) data penerima, baik untuk buruh tani maupun buruh pabrik rokok.

Kepala Dinsos Pamekasan Herman Hidayat menjelaskan, saat ini petugas masih memverifikasi dan memvalidasi 29.792 pengajuan.

“Kami tengah memverifikasi dan memvalidasi data yang diusulkan sebelumnya, setelah itu tinggal finalisasi untuk memastikan penerima sudah memenuhi persyaratan,” ungkapnya, Senin (5/8/2024).

Untuk penerima yang diajukan Pemdes, kata Hidayat, sebanyak 25.734 buruh tani dan 4.057 buruh pabrik rokok.

“Sementara berdasarkan kesedian anggaran, kuota penerima BLT DBHCHT 2024 sebanyak 23.875 penerima, artinya ribuan buruh yang diajukan akan dihapus,” jelasnya.

Hidayat memastikan bahwa semua penerima BLT DBHCHT nanti benar-benar layak. “Setelah Verval selesai, maka akan difinalisasi data hasil penyaringan, kemudian diajukan untuk dibuatkan SK Bupati, baru setelah itu berkoordinasi dengan bank penyalur,” paparnya.

Baca Juga:  Gegara Sengketa Lahan, Siswa SDN Lerpak 1 Bangkalan Terpaksa Belajar di Lapangan dan Balai Desa

Pihaknya berjanji akan melaksanakan tahapan penyaluran BLT DBHCHT dengan efektif, sehingga bantuan bisa segera dimanfaatkan.

“Kemungkinan besar penyaluran BLT dilaksanakan pada September 2024 mendatang,” pungkasnya.(rif/faj)