Display 17 Agustus _20240918_112934_0000

Lebih Dekat dengan PSBA Universitas Islam Madura yang Penampilannya Kerap Sita Perhatian!

Media Jatim
UKM PSBA UIM
(Dok. UIM) Paduan Suara Bahana Almameter (PSBA) Universitas Islam Madura (UIM).

Pamekasan, mediajatim.com — Penampilan UKM Paduan Suara Bahana Almamater (PSBA) Universitas Islam Madura (UIM) kerap kali viral dan menyita perhatian.

Video-video penampilan PSBA UIM di media sosial tiktok telah ditonton jutaan orang.

Pembina PSBA UIM Amelya Putri menceritakan bahwa viralnya paduan suara ini berawal saat membawakan lagu Madura “Benni Jhuduh” yang diviralkan Fajar Syahid dan Aisyah Icha pada acara Wisuda UIM Tahun 2021 di Hotel Odaita.

“Waktu itu saya jadi Ketua PSBA dan pembinanya kakak tingkat saya. Pernah juga diundang Podcast karena viral,” ungkap gadis yang akrab disapa Amel itu kepada mediajatim.com, Senin (5/8/2024).

Baca Juga:  Pemkab Sumenep Bakal Salurkan BLT DBHCHT ke 3.150 Buruh Pabrik dan Petani Tembakau

Seiring waktu berjalan dan dirinya menjabat sebagai pembina, lanjut Amel, tawaran kepada PSBA untuk tampil mulai berdatangan dari luar kampus.

“Setiap ada undangan untuk tampil pasti ada video kami yang viral. Hal ini tidak terlepas dari usaha temen-temen dan yang tak kalah penting keyboardist kami, kak Andi dari Kendedes Music Production yang selalu support,” bebernya.

Banner Iklan Media Jatim

Amel juga mengatakan tidak pernah menyangka UKM PSBA UIM akan viral dan banyak dikenal khalayak seperti sekarang.

“Dalam perjalannya banyak hal yang kami lewati seperti kekosongan pelatih, minimnya anggota laki-laki, kurangnya peralatan untuk video. Namun atas dukungan banyak pihak, PSBA bisa selalu terdokumentasikan di setiap kegiatan,” sambungnya.

Baca Juga:  Terhambat Rekom 4 Parpol, Pelantikan Pimpinan DPRD Pamekasan Molor

Terpisah, Pelatih UKM PSBA UIM Ervina Maliatur Rosyadi mengatakan bahwa rekrutmen anggota tidak seperti awal-awal.

“Kalau dulu dipilih yang benar-benar bisa dan punya bakat. Sekarang kami buka seluas-luasnya bagi yang berminat di paduan suara, kami latih dari nol sampai bisa. Akhirnya sekarang anggota kami sudah puluhan,” ujarnya Meli.

Sementara latihannya minimal tiga kali sebelum tanggal acara tampil tiba. “Jarak latihan dengan kegiatan bervariasi tergantung permintaan. Begitupun lagu, kadang dua minggu sebelum acara kami baru diberi tahu, ya, minimal tiga kali latihan,” tutupnya.(fit/ky)