Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Dinkes Pamekasan Beli 4 Ambulans dan Mobil Pusling Rp1,4 Miliar

Media Jatim
Dinkes
(Ongky Arista UA/Media Jatim) Tampak mobil Pusling melintas di Jalan Panglegur, Pamekasan beberapa waktu lalu.

Pamekasan, mediajatim.com — Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan merogoh kocek Rp1,4 miliar untuk pengadaan dua mobil Puskesmas Keliling (Pusling) dan dua Ambulans tahun ini.

Banner Iklan Media Jatim

Kendaraan bermerek Toyota Kijang Innova Reborn dan APV ini dibeli untuk mendukung implementasi program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Kepala Dinkes Pamekasan Saifudin menjelaskan, Puskesmas harus punya mobil Pusling dan Ambulans, sebab banyak daerah yang aksesnya sulit untuk dijangkau.

“Jadi, Pusling ini akan mengunjungi daerah yang punya kasus imunisasi atau posyandu rendah, sehingga bisa dijangkau oleh petugas,” ungkapnya, Kamis (22/8/2024).

Kata Saifudin, kendaraan Pusling itu berbeda dengan Ambulans. “Mobil Pusling sendiri hanya dilengkapi alat penyuluhan atau sosialisasi saja, tidak seperti Ambulans untuk membawa pasien atau korban kecelakaan,” terangnya.

Sementara untuk sumber dana pengadaan empat kendaraan ini, terang Saifudin, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).(rif/faj)