Display 17 Agustus _20240829_131215_0000

Pj Bupati Pamekasan Ajak Wartawan Kendalikan Informasi yang Picu Benturan di Pilkada 2024

Media Jatim
Masrukin Pilkada Pamekasan 2024
(Ongky Arista UA/Media Jatim) Pj Bupati Pamekasan menyampaikan materi dalam Workshop Tangkal Hoaks PWI, Jumat (30/8/2024).

Pamekasan, mediajatim.com — Pj Bupati Pamekasan Masrukin menghadiri Workshop Tangkal Hoaks yang diselenggarakan oleh Media Call Center (MCC) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat, Jumat (30/8/2024).

Banner Iklan Media Jatim

Kegiatan bertajuk “Pers Sehat untuk Pamekasan Bersahabat” itu diselenggarakan di Ruang Pertemuan Wahana Bina Praja, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Jalan Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut, Masrukin mengatakan bahwa seringkali Pemkab merasa kesulitan untuk menangani beredarnya hoaks terutama yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah.

“Biasanya hoaks paling masif terkait kebijakan pemerintah. Apa pun bisa jadi hoaks kalau niatnya mengkritisi kebijakan,” tutur dia.

Untuk itu Masrukin meminta tanggung jawab moral kepada pihak-pihak penyebar hoaks atas efek yang telah ditimbulkan.

“Di lingkungan kami efeknya sungguh fatal kalau tidak disikapi dengan hati-hati, hingga mempengaruhi psikologi pejabat kami dalam mengambil kebijakan,” beber dia.

Masrukin berharap para insan pers untuk betul-betul mengendalikan berita hoaks, terutama di momen Pilkada seperti saat ini.

“Mungkin ada yang jadi tim sukses atau media partner. Namun kami berharap informasi yang disampaikan ke publik tidak mengakibatkan benturan dan kelompok yang tidak pas dengan pemberitaan itu akan beraksi berlebihan,” tutupnya.(fit/ky)