oleh

KPU Pamekasan Gelar Bimtek Pemutakhiran Data

MediaJatim.com, Pamekasan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan melangsungkan bimbingan teknis (bimtek) pemutakhiran data dan daftar pemilih, Selasa (16/1).

Bertempat di gedung PKPN, bimtek diikuti oleh 65 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 13 kecamatan. Mereka dibimbing agar memahami betapa kualitas pemilu ditentukan oleh banyak faktor.

“Salah satunya adalah bagaimana menyusun daftar pemilih yang akurat, komprehensif, dan mutakhir,” tegas Ketua KPU Pamekasan, Moh Hamzah, saat sambutan dalam pembukaan bimtek.

Dalam kesempatan itu, Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan, Muhammad Subhan, bertindak sebagai pemateri. Salah satu yang diurai Subhan adalah permasalahan daftar pemilih, faktor penyebab dan solusinya.

Baca Juga:  Laporan Kasus Dugaan Kungker Fiktif Oknum DPRD Banyuwangi Dipertanyakan Aktivis

“Masalah klasik daftar pemilih antara lain pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, tidak memenuhi syarat masih terdaftar,” ungkapnya.

Selain itu, data ganda atau pemilih terdaftar lebih dari satu kali. Terakhir, elemen data yang tidak valid atau kurang lengkap.

Karena itu, ada beberapa solusi yang ditawarkan KPU. Yakni, penguatan kapasitas dan kompetensi petugas coklit dengan mekanisme perekrutan, dan bimtek yang optimal.

“Juga penting adanya pemberian juknis komprehensif dan implementatif, manajemen kontrol waktu yang terukur sesuai dengan tahapan,” paparnya.

Di samping itu, tambah Subhan, perlu ada media ekspose dan sosialisasi pemutakhiran yang masif agar menjadi bagian dari masyarakat.

Baca Juga:  Arzeti Bilbina Ajak Masyarakat Pelihara Kebersamaan

“Lebih dari itu, perlu juga melibatkan semua pihak, baik masyarakat maupun stakeholder pemilih/pemilihan sejak awal proses pemutakhiran,” tukasnya.

Reporter: Agus Supriyadi

Redaktur: Sule Sulaiman