Pemerintah Serius terhadap Pentingnya Nasib Petani

Media Jatim

MediaJatim.com, Trenggalek – Pemerintah nampaknya sangat serius dalam mementingkan nasib para petani. Seperti yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Trenggalek ada sekitar 43 ribu petani sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu tani.

Secara pemanfaatan kedepan program kartu tani ini akan melibatkan distributor, bank serta peran petani sendiri. Sampai saat ini baru sekitar 50% saja yang mau mendaftarkan diri, dengan target ada sekitar 72 ribu petani yang mendaftarkan.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek, Heru Saptono mengatakan, pihaknya menargetkan 72 ribu petani terdaftar untuk mendapatkan Kartu Tani. Namun sampai saat ini baru sekitar 50% saja yang mau mendaftarkan diri.

Baca Juga:  Petani Masuk Musim Tanam, DPRD Sumenep: Ketersediaan Pupuk Harus Diawasi

“Sebenarnya kita targetkan sekitar 72 ribu petani yng terdaftar untuk memperoleh kartu tani tersebut. namun dari jumlah 43 ribu petani tersebut sudah ada sekitar 1.000 petani yang mendapatkan kartu tani,” ujarnya saat diwawacarai, Senin (22/1).

Dia juga menuturkan bahwa, Kartu Tani memang belum bisa digunakan secara maksimal, karena masih menunggu kesiapan dari banyak pihak. Diantaranya dari distributor, bank yang bekerjasama dan dari petaninya sendiri.

“Namun kami terus menghimbau agar para petani di trenggalek untuk segera mendaftarkan diri. Karena ke depan, Kartu Tani ini akan sangat bermanfaat,” jelas Heru.

Baca Juga:  DPRD Sumenep Minta DLH Kaji Ulang Anggaran Rp900 Juta untuk Bangun Pendaurulangan Sampah

Juga ditambahkan, dari 43 ribu petani di Kabupaten Trenggalek sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Tani ada sekitar 1000 petani baru yang mendapatkan kartu tani, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Tugu dan Kecamatan Trenggalek.

Reporter: Rudi

Redaktur: Sule Sulaiman