oleh

DPRD Jatim: Jangan Tukar Nyawa dengan Gaji Besar!

MediaJatim.com, Jember-Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch Eksan mendorong pemerintah untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi penyerapan tenaga kerja lokal. Sebab, lapangan kerja yang luas secara otomatis dapat mengurangi minat tenaga kerja untuk “lari” ke luar negeri. Walaupun gajinya di luar negeri cukup menggiurkan namun resikonya sangat besar.

“Hujan emas di negeri orang, masih lebih baik hujan batu di negeri sendiri. Artinya walaupun di luar negeri, gajinya besar tapi tetap lebih enak kerja di daerah sendiri. Belum lagi resikonya. Banyak yang pergi (keluar negeri) sehat tapi pulang sudah tanpa nyawa. Jangan ditukar (nyawa) dengan gaji besar,” tukasnya kepada sejumlah wartawan saat meninjau Job Market Fair 2018 di halaman gedung Bakorwil V Jember, Kamis (29/3).

Baca Juga:  Sah, Faizal Dzat Nakhodai PK PMII IAIN Madura

Oleh karena itu, Eksan mendukung digelarnya Job Market fair yang diprakarsai oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Timur itu. Menurutnya, angka pengagguran di Jawa Timur mencapai 4 persen atau 800 ribu lebih. Sehingga semakin banyak peluang kerja yang diciptakan pemerntah baik di sektor swasta maupun negeri, tentu diyakini semakin banyak mengurangi angka pengangguran yang ada.

“Salah satu indikator kinerja utama pemerintah adalah sejauh mana bisa mengurangi angka pengangguran,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Eksan didampingi oleh Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Jember, Tony Ernowo. Job Market Fair 2018 tersebut menyediakan 3.009 lowongan kerja dengan melibatkan 41 perusahaan.

Baca Juga:  Pak Halim Terbenam, Bagaimana Nasib Ra Badrut?

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sule Sulaiman