20 Rumah Warga di Banyuwangi Terendam Banjir

  • Bagikan

MediaJatim.com, Banyuwangi – Intensitas hujan deras sepanjang Rabu (11/4) sore hingga petang, mengakibatkan 20 rumah warga di Dusun Krajan Desa Labanasem Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi, terendam banjir setinggi kurang lebih 1 meter.

Penyebab banjir ini diduga saluran air di Sungai Antogan desa setempat tak mampu menampung debit air, karena mengalami penyempitan di aliran sungai dekat rumah warga tersebut.

“Banjir ini akibat saluran air sungai Antogan menyempit,” terang Rofik, warga setempat.

Dia menjelaskan, hujan lebat itu terjadi usai Maghrib. Air sungai mulai meluber ke rumah-rumah warga, sekitar Pukul 19.00 WIB. Di lokasi, beberapa rumah terendam banjir. Warga berupaya menutup aliran air, supaya tidak masuk ke permukiman warga.

Baca Juga:  UIN KHAS Jember, Nama Harus Mencerminkan Isi

“Warga menutup aliran air supaya ketinggian air bisa segera reda,” jelasnya.

Saat itu juga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi menerjunkan petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Tim Reaksi Cepat (TRC), membantu warga membersihkan kotoran yang masuk ke dalam rumah warga di lokasi banjir.

“Ketinggian air mencapai 1 meter,” terang Ainur Rofik, petugas Tagana, ke sejumlah media.

Hingga berita ini ditayangkan, dampak banjir ini masih belum ada keterangan resmi dari pihak terkait. Petugas masih melakukan penyisiran serta pendataan di sekitar lokasi banjir.

Baca Juga:  Jember Level 2, Bupati Imbau Masyarakat Tetap Disiplin

Reporter: Yudi Irawan

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat