PERIODE II

Pelangi di Sumenep Contoh Edukasi Yang Menghibur

Media Jatim

MediaJatim.com, Sumenep – Parade kesenian lintas suku di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terselenggara dengan lancar, Sabtu (17/11).

Acara yang digagas oleh Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) bekerja sama dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep ini, direspon positif oleh masyarakat.

Kegiatan bertajuk Pelangi di Sumenep ini, melibatkan sejumlah suku yang ada di Kabupaten Sumenep. Diantaranya suku Madura, Bugis, Mandar, Bajo, Arab, dan Tionghoa. Secara bergiliran, mereka menampilkan keseniannya masing-masing.

Salah seorang penonton yang datang langsung ke lokasi acara, memberi tanggapan positif.

Baca Juga:  Picu Kemacetan, Parkir Motor Nasabah BRI Luber Lebihi Bahu Jalan Kota Pamekasan

“Pelangi di Sumenep ada pesan kebhinnekaannya. Ini edukasi, selain hiburan,” tutur salah seorang penonton, Nur Muslimah.

Muslimah menambahkan, Pelangi di Sumenep juga memberikan pesan pentingnya merawat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan.

“Kegiatan-kegiatan seperti Pelangi di Sumenep, meski tak sama konsepnya, harus terus digelar. Jarang ada paket hiburan plus edukasi seperti ini,” lanjutnya.

Dalam kesempatan berbeda, Ketua KJS, Rahmatullah, menyampai terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama menyukseskan kegiatan Pelangi di Sumenep. Dia juga berterima kasih atas respons positif dari masyarakat.

Baca Juga:  Jalan Ambles di Tembokrejo Resahkan Pengguna Jalan

“Perlu saya sampaikan kembali, kegiatan Pelangi di Sumenep salah satunya bertujuan terus menjaga kerukunan dan perdamaian antarsuku di Kabupaten Sumenep ini. Semoga ke depan kami di KJS bisa berkarya lebih baik lagi di luar pekerjaan kami sebagai jurnalis,” pungkasnya.

Reporter: Holis

Redaktur: Sulaiman