PERIODE II
News  

Hujan Deras, Banjir Kembali Terjang Desa Alasmalang

Media Jatim

MediaJatim.com, Banyuwangi – Intensitas hujan lebat mengguyur wilayah Banyuwangi sepanjang Minggu (25/11) pagi hingga malam, mengakibatkan Sungai Badeng meluap ke permukiman warga Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh.

Akibatnya, rumah warga yang berada di dekat bantaran sungai dan Jembatan Garit desa setempat, sekitar Pukul 17,05 WIB terendam air sungai berwana coklat pekat bercampur lumpur dan kayu, setinggi paha orang dewasa.

Fajar Suasana Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi saat dikonfirmasi menegaskan jika pihaknya langsung bertindak cepat mendatangkan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Baca Juga:  Bersinergi dengan Jamkrindo, KMI Gelar Sosialisasi UU Penjaminan

Di lokasi, petugas langsung mengevakuasi warga terdampak banjir, termasuk mendatangkan alat berat di Jembatan Garit untuk mengangkat matreal kayu supaya tidak menyumbat saluran air di jembatan tersebut.

Langkah lain, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait, untuk membantu menagani banjir di Alasmalang, termasuk menyediakan dapur umum untuk warga.

“Banjir ini akibat hujan deras mengguyur wilayah hulu, tepatnya di lereng Gunung Raung,” jelas Fajar.

Fajar menjelaskan, banjir kali ini material lumpur dan kayu hanya sedikit dibanding tahun lalu. Wilayah terparah di Dusun Karangasem. Sebanyak 36 rumah di dusun ini mengalami rusak ringan dan 1 rusak sedang. Di Dusun Wonorekso 5 rumah juga rusak ringan, akibat terendam banjir.

Baca Juga:  Dua Tahun Kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi, Sumenep Raih Beragam Prestasi

“Korban jiwa sementara nihil. Saat ini kami masih siaga bencana di lokasi,” pungkas Fajar.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman