PERIODE II

Bersinergi dengan Jamkrindo, KMI Gelar Sosialisasi UU Penjaminan

Media Jatim

MediaJatim.com, Surabaya – Kaukus Muda Indonesia (KMI) bersinergi dengan Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar kegiatan Sosialisasi Undang-undang (UU) Penjaminan dengan mengangkat tema “Meningkatkan Produktifitas Ekonomi Rakyat Melalui Penjaminan”, Rabu (14/03).

Bertempat di Restaurant Agis Surabaya, kegiatan ini dihadiri Pimpinan Jamkrindo Surabaya, Loesdarwanto, Perwakilan Dinas UKM dan Koperasi Provinsi Jawa Timur, Sutarto dan Dosen Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya, Tri Siwi Agustina.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjangkau pembiayaan. Sehingga para pelaku UMKM akan lebih mudah mengakses kredit dari sektor perbankan maupun melahirkan usaha-usaha baru.

Baca Juga:  Cerita Budayawan Zawawi Imron Ditegur Gus Mus karena Membenci Gus Dur

Dengan begitu, ungkap Eki selaku Ketua Panitia Pelaksana, kondisi ini juga akan mendorong pertumbuhan dan peningkatan pelaku usaha kecil menengah. Hal ini tak luput dari UMKM yang dilihat sebagai sektor informal yang relatif tangguh dalam menghadapi krisis ekonomi.

“Percepatan akses keuangan di daerah sudah mudah sehingga turunan dari hibah, peminjaman, kredit daerah sudah terjangkau melalui Jamkrindo. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi UMKM yang tidak memiliki persyaratan untuk mengakses keuangan itu terkendala oleh aturan,” ujarnya.

“Sebab sejauh ini saya lihat banyak kaum muda yang ingin buka usaha tapi lagi-lagi ketika ditanya terkendala biaya padahal di daerah sudah tejangkau seperti halnya Jamkrindo ini,” tambah Eki.

Baca Juga:  Kades Gagah Kompak bersama Masyarakat Lakukan Penghijauan Desa

Reporter: Ongky

Redaktur: Sulaiman