Ketika Rasulullah Berikan Biji Kopi ke Abul Hasan

  • Bagikan

MediaJatim.com – Al-Habib Abu bakar bin Abdullah al-Atthas berkata: “Sesungguhnya tempat yang ditinggalkan dalam keadaan sepi atau kosong maka jin akan menempatinya. Sedangkan tempat yang biasa digunakan untuk membuat hidangan kopi maka para jin takkan bisa menempati dan mendekatinya.

Syeikh Abul Hasan asy-Syadzili RA, adalah ulama besar, murid dari seorang wali yang sangat karomah, Syeikh Abdullah al-Masyisyi.

Suatu waktu ia harus mengamalkan wirid dan harus menahan wudhu’nya sampai 40 malam tanpa batal. Dengan memohon petunjuk Allah, beliau bermimpi didatangi Rasulullah SAW dan seraya bersabda: “Hai Abul Hasan, ini saya bawakan biji-bijian yang banyak terdapat di tempatmu. Jemurlah! Goreng kering hingga menjadi lunak, kemudian tumbuk sampai lembut. Sesudah itu, seduh dengan air mendidih. Air itulah yang kau minum setiap malam. Insya Allah kamu tidak akan mengantuk”.

Baca Juga:  Hikayat Percakapan Bijak Kura-Kura dengan Ikan

Esoknya, tahulah beliau bahwa biji yang ditunjukkan Rasulullah adalah biji kopi. Sejak minum kopi itu, beliau mampu menahan kantuk beberapa malam, bahkan 40 malam.

Sumber: Kitab Tadzkir an-Nas, halaman 177.

  • Bagikan
WhatsApp chat