Desa Benculuk Prioritaskan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

MediaJatim.com, Banyuwangi – Geliat membangun infrastruktur pedesaan dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Benculuk Kecamatan Cluring bersama masyarakat.

Untuk menunjang pemerataan pembangunan pemdes setempat merealisasikan pembangunan melalui Program Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2019.

PJ Kepala Desa Benculuk Sutrisno melalui Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) Misbahul Munir menjelaskan, di Tahun 2019 Desa Benculuk melakukan kegiatan pembangunan di seluruh dusun.

Item pembangunan itu diantaranya, 11 titik pembangunan jalan paving, 1 titik pembangunan drainase, 5 titik bedah rumah dan rehab atap TK Dharma Wanita. Untuk kegiatan non fisik, Pemdes Benculuk merealisasikan program bantuan untuk warga miskin.

Jumlah warga yang menerima bantuan sejumlah 42 orang. Mereka mendapat bantuan dari Program Kanggo Riko berupa barang dan sembako, senilai Tp. 2,5 juta.

Baca Juga:  Harga Gabah Merosot, DPRD Pamekasan Angkat Bicara

Selain itu, dana yang didapat dari ADD DD juga untuk kegiatan pelatihan pengolahan buah naga, pebibitan jamur tiram dan ternak bebek kepada masyarakat setempat.

“Total anggaran Program ADD Rp. 944.113.000, untuk DD Rp. 1.180.119.000. Kegiatan pembangunan kita libatkan masyarakat agar asas manfaat dari program bisa dirasakan warga setempat,” jelas Misbahul Munir Ketua TPK Desa Benculuk, Jumat (2/8).

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

WhatsApp chat