News  

Pemuda Urban Banjar Berbondong Pulang Kampung Ramaikan HUT RI Ke-74

Media Jatim

MediaJatim.com, Bangkalan – Perpindahan penduduk dari desa ke kota sudah lumrah terjadi, salah satunya mayoritas pemuda di Desa Banjar, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan.

IMG-20240220-WA0010
IMG-20240220-WA0008

Dari keadaan tersebut ternyata tidak menyurutkan semangat jiwa muda untuk menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemuda desa yang terangkul dalam wadah IKBAR (Ikatan Kawula Mudah Banjar) itu, awalnya saling ingin pulang, namun tidak kalau hanya cuma pulang saja. Akhirnya beberapa kali mengadakan pertemuan rutin di Surabaya ataupun di Bangkalan.

“Kita rutin rapat di Surabaya, beberapa kali juga di Madura. Meskipun teman-teman banyak yang kerja, tapi masih menyempatkan waktu untuk bertemu,” ungkap Nasrullah.

Baca Juga:  SRPB Jatim Beri Diklat Dasar Tanggap Bencana Pandu Persada

Pemuda Desa Banjar yang sekaligus ketua pelaksana dalam acara tersebut juga menjelaskan, acara yang digelar di desanya semata-mata hanya ingin memupuk silaturrahim masyarakat delapan dusun tersebut (Banjar barat, Banjar timur, Tongun, Duko, Labisan, Rambay, Alas durin, Maleh), agar terus kompak tanpa saling membedah-bedahkan.

Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (16-17/08) itu, mencakup beberapa agenda dari mulai senam, beberapa perlombaan dan ditutup dengan jalan sehat. Dalam beberapa perlombaan, ada lomba yang memang ditujukan kepada anak-anak yakni mewarnai. Yang memang untuk memupuk potensi generasi dari usia kanak-kanak.

“Saya senang atas antusias ibu-ibu yang mendaftarkan anaknya untuk lomba mewarnai, karena memang harus dari kecil petensi diusahakan untuk dipupuk,” jelas Siswanto, Ketua IKBAR.

Baca Juga:  Does Dubli Seriously Give good web mail results? Dubli Examine Conveys to Everything

Tidak itu saja, Siswanto juga menjelaskan dalam agenda Agustus tahun ini benar-benar swadaya, dari kantong pemuda desa, yang memang ingin membuktikan bahwa pemuda yang keluar tidak melupakan riwayat tanah kelahiran.

“Alhamdulilah, atas swadaya pemuda, acara kami berjalan lancar. Hal itu mungkin karena rasa cinta kepada kampung halamannya. Saya tidak menyangka acara jalan sehat yang menjadi penutup, kupon 4.700 ludes. Meskipun cuma kambing yang menjadi hadiah utama, tapi kita sudah bangga karena hasil itu dari iuran kita semua,” tutupnya.

Reporter: Shafif K A

Redaktur: A6