oleh

Masyarakat Desa Gendaran Pacitan Kini Lebih Mudah Nikmati Layanan Internet

MediaJatim.com, Pacitan – Masyarakat Desa Gendaran, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur kini lebih mudah menikmati layanan internet. Pasalnya, hari ini Pemerintah Desa Gendaran telah meresmikan jaringan internet melalui kerjasama dengan Telkom dan Indihome, Rabu (22/04/2020).

“Semoga dengan adanya akses internet ini, masyarakat bisa lebih mudah dalam mencari informasi, komunikasi dan juga mempermudah dalam layanan pemberdayaan di bidang ekonomi. Karena pada sebelumnya singnal susah,” ujar Wulan Fitriana, Kepala Desa Gendaran, seusai kegiatan, Rabu siang.

Sedikit diceritakan Wulan, layanan internet di desanya itu digagas sejak Februari 2020 lalu, yang pada awalnya guna mendukung lomba desa, selain itu juga untuk mendukung program pemerintah terkait dengan penanganan Coronavirus Disease (Covid-19).

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan Air Bersih, WABPI Bangun Sarana Penampungan Air di Sidomulyo

Namun, pihaknya tidak mengira jika proses terealisanya sangat cepat. Mengingat, tidak sedikit wilayah yang juga meminta perluasan jaringan Telkom tetapi belum disetujui. Proses cepat itu menurutnya, tidak lain karena campur tangan seseorang asal desa tersebut, yang kini telah sukses di Jakarta menjadi Kepala Indihome, yaitu H Parwi.

“Ini programnya Pak H. Parwi, dan tentunya kami sangat berterimakasih. Selain realisasi cepat dan untuk tiga bulan ini biaya Indihome gratis. Tapi untuk bulan berikutnya nanti warga iuran dan akan dikoordinir oleh kolompok masyarakat,” terang Wulan.

Saat ini, lanjut Wulan, baru satu dusun di desanya yang sudah terlayani jaringan internet tersebut dan sudah lancar, yakni di Dusun Waru. “Yang dua dusun on progress (dalam pengembangan), rencananya di rumah masing-masing,” imbuhnya.

Baca Juga:  Permintaan Susu Kambing di Pacitan Meningkat Hingga Di Atas 10%

Sebagai informasi, acara peresmian yang berlangsung di Balai Desa Gendaran itu, terlihat dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Luki Tri Baskorowati, yang sekaligus menyerahkan bantuan paket sembako untuk warga di desa tersebut. Bahkan, pada acara itu dilakukan dengan melaksanakan social distancing yang menggunakan aplikasi zoom.

“Jadi, acara bisa diikuti oleh seluruh warga masyarakat Desa Gendaran di rumah masing-masing,” tukasnya.

Reporter: Sigit

Redaktur: Zul